Mahasiswa Fikom UIR Adakan Latsar Kepemimpinan di Masjid Nurul Hasanah Rejosari


Dibaca: 1984 kali 
Selasa, 29 Desember 2020 - 02:43:33 WIB
Mahasiswa Fikom UIR Adakan Latsar Kepemimpinan di Masjid Nurul Hasanah Rejosari Mahasiswa Fikom UIR Adakan Latsar Kepemimpinan di Masjid Nurul Hasanah Rejosari.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau (Fikom UIR)  mengadakan pelatihan dasar (latsar) kepemimpinan serta tips mengatasi konflik dalam kelompok di Masjid Nurul Hasanah, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Minggu (20/12/2020). 

Pelatihan ini diikuti remaja Masjid Nurul Hasanah serta dihadiri Pengurus Masjid, Ketua RT 02 serta Ketua RW 01 Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya,  Pekanbaru, Riau.

Dosen Ilmu Komunikasi Fikom UIR Idawati MIKom mengatakan, pelatihan ini diadakan dengan tujian agar semua tahu bagaimana menjadi seorang pemimpin yang profesional, paham menjadi pemimpin yang baik dan disukai serta dapat dipercaya oleh para anggotanya. 

"Tidak hanya itu, melalui pelatihan ini kita juga akan tahu bagaimana sebenarnya mengatasi sebuah konflik baik itu berasal dari internal maupun eksternal," ujar dosen pembimbing mahasiswa Fikom UIR ini sembari menyampaikan, kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Karena kegiatan ini juga sebagai sarana menyebar wawasan dan ilmu yang baru. 

"Dalam kegiatan ini, intinya mengajarkan kita semua untuk tidak asal-asalan memilih pemimpin serta bisa mengatasi konflik dengan baik,  tidak lari dari konflik yang ada, juga mengajarkan kita untuk selalu saling menjaga silaturahmi dengan siapapun," ujar Idawati.

Untuk diketahui, kegiatan ini berisikan materi yang diselingi dengan candaan/hiburan dari para panitia. Sehingga membuat peserta terhibur dengan. Dengan adanya beberapa selingan hiburan,  bisa membuat para panitia, remaja Masjid Nurul Hasanah, serta pihak yang berwewenang  menciptakan keakraban didalamnya. Dan pada saat acara, peserta diberikan snack juga sertifikat.

Dan pada sesi wawancara, seorang remaja Masjid Nurul Hasanah Pekanbaru dan dan Ketua RT 02 Masjid Nurul Hasanah Pekanbaru merasa senang dan bangga atas kehadiran 14 mahasiswa Fikom UIR beserta dosen pembimbing yang memberikan materi dengan sangat baik. Karena berguna untuk diterapkan di kehidupan.

“Menurut saya, prinsipnya memang bagus untuk generasi-generasi muda supaya ikut meramaikan masjid," sebut Ketua RT 02 Kelurahan Rejosari, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Syukur saat membuka kegiatan pelatihan dasar (latsar) kepemimpinan serta tips mengatasi konflik dalam kelompok tersebut.
 


Sementara itu, Ketua Remaja Masjid Nurul Hasanah, Ferry juga mengaku senang dengan kedatangan mahasiswa Fikom UIR  memberikan pelatihan yang sangat bermanfaat ini.

“Sebelumnya kami berterimakasih, karena mahasiswa maupun panitia kelompok memilih remaja masjid kami untuk pelatihan. Dan saya mewakili anggota remaja masjid, merasa senang karena adanya Pelatihan Dasar Kepemimpinan ini. Apalagi remaja Masjid Nurul Hasanah baru dibentuk. Jadi memang butuh latihan dasar ilmu kepemimpinan untuk setiap individu  Dan alhamdulillah banyak ilmu yang kami dapat. Dan untuk kepanitiaannya, saya sangat apresiasi karena dari awal sampai akhir kegiatan selalu mengawal acara dengan sangat baik dan mudah berkomunikasi dengan kami selaku remaja masjid," tutur Ferry.

Dikatakannya, kegiatan ini dapat membantu menambah ilmu dan wawasan mengenai kepemimpinan.  

"Para audience pun ikut terhibur dan bangga akan kedatangan Mahasiswa dari UIR. Agar silaturahmi tetap terjaga, kedepannya kami berharap akan ada mahasiswa lain turun ke lapangan memberikan pelatihan," harapnya.(*)