Kegiatan Rutin Bagian Umum Setdako Pekanbaru Tak Ada yang Tunda Bayar


Dibaca: 2104 kali 
Rabu, 23 Desember 2020 - 19:59:49 WIB
Kegiatan Rutin Bagian Umum Setdako Pekanbaru Tak Ada yang Tunda Bayar Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT meninjau pembangunan Komplek Perkantoran Walikota dan Islamic Center di Tenayan Raya, baru-baru ini.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pada Desember 2020 ini, kegiatan rutin Pemerintan Kota (Pemko) Pekanbaru pada Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) selama 2020 dinyatakan mencapai progres pelaksanaan dan pembayaran 100 persen.

Artinya, tidak ada satupun kegiatan rutin yang dilaksanakan Bagian Umum kepada rekanan terkena Tunda Bayar (TB).

"Kami (Bagian Umum) sudah tutup buku  kegiatan rutin tanggal 20 Desember. Seluruh kegiatan rutin Pemko Pekanbaru pada Bagian Umum Sekretariat Daerah telah mencapai seratus persen progres pelaksanaan kegiatan dan pembayarannya, baik dari kami (Bagian Umum) kepada pihak ketiga (rekanan) maupun oleh BPKAD kepada Bagian Umum. Alhamdulillah kegiatan-kegiatan rutin  dan pembayarannya berjalan lancar tahun ini. Tak ada satupun yang TB," ujar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru Novin Karmila menjawab Hariantimes di Pekanbaru, belum lama ini.

Menurut Novin, kegiatan-kegiatan rutin Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru antara lain belanja makan-minum acara Walikota, Wakil Walikota dan Sekda, pengadaan bahan bakar motor (BBM) kendaraan-kendaraan dinas pimpinan di lingkungan Sekretariat Daerah seperti Walikota, Wakil Walikota, Sekda, staf ahli, para asisten dan Kabag.

"Semua kegiatan rutin Bagian Umum seperti belànja BBM, ATK (alat tulis kantor) dan lain-lain sudah tutup buku 20 Desember 2020 lalu," jelasmya.

Menjawab proyeksi kegiatan rutin dan belanja Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru 2021, Novin Karmila menyebutkan, berkemungkinan besar kegiatan bertambah namun anggarannya berkurang karena Pemko Pekanbaru masih fokus mengatasi pandemi Covid-19 yang notabene masih akan menyedot anggaran besar.

"Kegiatan-kegiatan rutin kita sepertinya akan bertambah karena tahun depan organisasi perangkat daerah (OPD) pada Sekretariat Daerah bertambah. Bagian Keuangan dan Bagian Sumber Daya Alam (SDA) dibentuk lagi. Otomatis belanja kegiata-kegiatan rutin berikut belanja modalnya juga akan  masuk ke Bagian Umum," paparnya.

Dikatakannya, anggaran kegiatan makan-minum, pengadaan ATK seluruh unit kerja di Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru diposkan pada Bagian Umum Sekretariat Daerah.

Menanggapi progres kegiatan pisik Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru pada Bagian Umum Pemko Pekanbaru selama 2020, Novin hakkul yakin mengataaakan juga berjalan lancar. Namun ia mengaku belum mengetahui secara rinci progres pembayarannya baik kepada rekanan maupun oleh BPKAD Kota Pekanbaru.

"Apakah ada kegiatan fisik Bagian Umum tahun ini yang di-TB-kan, saya belum tahu. Tapi, PPTK nya Irwandri mungkin tahu detilnya, karena dia (Irwandri) yang mengurus kegiatan fisik Bagian Umum," ujarnya.(*)

Penulis: Karmawijaya