Pemko Pekanbaru Bantu Petani Binaan Lanud Roesmin Nurjadin Bibit Palawija dan Bioflok


Dibaca: 1096 kali 
Senin, 14 Desember 2020 - 19:19:15 WIB
Pemko Pekanbaru Bantu Petani Binaan Lanud Roesmin Nurjadin Bibit Palawija dan Bioflok Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi meninjau kawasan pertanian kelompok tani binaan TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyalurkan bantuan bibit tanaman palawija dan bioflok (kolam buatan untuk ternak ikan) kepada kelompok tani binaan TNI Angkatan Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (14/12/2020). 

Bantuan ini guna membantu kesejahteraan para petani di tengah masa pandemi corona. 

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai penyerahan bantuan mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan kepada Kelompok Tani Mustang. Kelompok tani ini merupakan binaan TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. 

"Kami menyalurkan bantuan bibit, pupuk dan bioflok. Kawasan pertanian kelompok tani ini lebih dari 4,5 hektare," ungkapnya. 

Bantuan ini diharapkan membantu bagi kesejahteraan bagi para petani. Lahan pertanian yang dikelola Kelompok Tani Mustang ini sebagai bagian dari upaya ketahanan pangan, terutama sayuran bagi wilayah Pekanbaru. 

"Saya minta para petani agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Bagi para penyuluh pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan agar terus membantu para petani," ucap Ayat. 

Kebutuhan kelompok tani ini difasilitasi dengan cepat, mulai dari bibit hingga pemasaran hasil pertanian. Supaya, para petani ini bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

"Kami memberikan bantuan berupa bibit palawija seperti cabai, terung, dan sayur-sayuran. Bantuan lain berupa biofolk, benih ikan lele, dan pakannya," ungkap Ayat. 

Untuk peternakan, Pemko Pekanbaru menyalurkan bantuan kandang ayam, benih ayam, dan pakannya. Dengan stimulus ini diharapkan kelompok pertanian ini makin berkembang. 

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pangan Alek Kurniawan mengatakan, TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin menggandeng para petani di masa pandemi corona untuk membangun ketahanan pangan. Pemko Pekanbaru juga sangat terbantu dengan program Lanud Roesmin Nurjadin ini. 

"Ada tiga kelompok Tani yang dibina yaitu Mustang I, II, dan III," ujarnya.(*)