Walikota Firdaus Ajak Semua Pihak Perang Melawan Pandemi Covid-19


Dibaca: 1090 kali 
Rabu, 11 November 2020 - 15:16:35 WIB
Walikota Firdaus Ajak Semua Pihak  Perang Melawan Pandemi Covid-19 Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Di hari Pahlawan Tahun 2020, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT mengajak semua pihak perang melawan pandemi Covid-10 dan saling membantu keluar dari krisis akibat Covid-19.

"Mari kita semua semangat, segera bangkit dan mampu keluar dari krisis akibat pandemi  Covid-19 ini," semangat Walikota usai menghadiri Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Kota Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).

Pantauan media siber ini, suasana pandemi Covid-19 tidak lantas mengurangi semangat Peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Walau prosesi peringatan Hari Pahlawan di Kota Pekanbaru berlangsung sederhana.

Memang, peringatan Hari Pahlawan tahun ini berbeda dibanding tahun lalu. Salah satunya, prosesi kegiatan mengikuti protokol kesehatan mencegah Covid-19. 

Jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru dan unsur Forkopimda, mengikuti prosesi peringatan di aula Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru. Mereka mengikuti kegiatan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Para undangan mengenakan masker selama berada di aula acara berlangsung. Mulai dari diukur suhu sebelum masuk ruangan, cuci tangan, dan selalu menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Beda dengan tahun lalu, acara peringatan hari pahlawan kali ini juga berlangsung secara virtual. Dan, jumlah peserta pun terbatas di aula tempat acara berlangsung.

Walikota menyebukan, akhir tahun diprediksi terjadi ledakan kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Kota Pekanbaru. Lantaran ada tiga agenda besar yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus itu.

Tiga agenda besar itu, sebut Walikota, adalah Natal, tahun baru dan Pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota di Riau. Kondisi ini harus diwaspadai agar penyebaran Covid-19 tidak tinggi.

"Ada perayaan Natal dan Tahun Baru, dan Pilkada di sembilan kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Ini makanya, akhir tahun harus kita waspadai terjadinya gelombang besar Covid-19," ujar Walikota .

Pemerintah Kota Pekanbaru, sebut Walikota, tentu mengantisipasi kondisi yang mengkhawatirkan ini. Antara lain dengan menyediakan peralatan dan stok medis, setidaknya sampai akhir Januari. 

Pemko Pekanbaru, lanjut Walikota, juga akan mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan untuk perawatan masyarakat terpapar Covid-19.

"Biaya dan stok rumah sakit, juga harus kita sediakan, minimal sampai akhir Januari 2021," kata Firdaus.(adv)