Tingkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Unilak Bantu Warga Bibit Tanaman Produktif


Dibaca: 1050 kali 
Jumat, 20 November 2020 - 22:49:43 WIB
Tingkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Unilak Bantu Warga Bibit Tanaman Produktif Tingkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Unilak Bantu Warga Bibit Tanaman Produktif.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tim Dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan kegiatan penghijauan dan pemberian bibit tanaman produktif di Perumahan Padma Rumbai. Kota Pekanbaru, Jumat (20/11/2020).

Tim dosen yang terlibat yakni Ketua Azwin SP MSi, dengan anggota Dr Ir Ervayenri MSi dan Hanifah Ikhsani SHut MSi. Pelaksanaan kegiatan melibatkan 30  warga perumahan. 

Menurut Azwin, kegiatan penghijauan dan kontribusi nyata dosen Unilak bagi masyarakat ini dalam rangka peningkatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan ini mendukung program pemerintah.

 "Di saat pandemi covid-19, hobi berkebun banyak dilakukan warga. Sehingga kami (tim dosen)  langsung mengadakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pengetahuan kepada warga perumahan tentang cara penghijauan, bercocok tanam, pemupukan, perawatan tanaman, dan lain lain," ujar Azwin yang juga Dosen Fakultas Kehutanan Unilak ini.

Saat mengadakan pengabdian, beber Azwin, tim dosen juga memberikan video berisikan materi bagaimana tata cara menanam. Mulai dari cara membuat lubang tanam, cara menanam, memupuk dan pemeliharaannya sehingga bisa diikuti dan dilaksanakan oleh warga secara mandiri. Pemberian video agar  memudahkan warga dalam memahami cara menanam dan merawat bibit yang diberikan. 

Di saat melakukan pengabdian, katanya, Tim Dosen Unilak juga memberikan 120 batang bibit tanaman produktif berbagai jenis. Di antaranya Lengkeng, Sirsak, Mangga, Durian dan lain-lain. 

"120 bibit dengan berbagai jenis tanaman produktif seperti lengkeng, sirsak, mangga, durian dan lain-lain kami berikan untuk ditanam oleh warga di halaman rumah, lingkungan perumahan maupun di areal fasilitas umum (fasum) yang mereka miliki. Sehingga komplek perumahan dapat semakin hijau dan teduh," ujar Azwin yang sering memberikan pelatihan sembari menyebutkan, kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya tanaman penghijauan dilingkungan tempat tinggal. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepada masyarakat memiliki minat yang tinggi untuk menanam pohon yang kita ketahui memiliki banyak fungsi. Selain berfungsi sebagai penghijauan, pohon juga menambah nilai estetika dan keindahan, menciptakan kondisi lingkungan yang sejuk dan nyaman serta ketika pohon sudah besar dapat memproduksi buah yang bisa dimanfaatkan oleh warga.(*)