Malam KI Riau Award, Hampir Semua Kepala Daerah Nyatakan Hadir


Dibaca: 1136 kali 
Kamis, 12 November 2020 - 13:05:58 WIB
Malam KI Riau Award, Hampir Semua Kepala Daerah Nyatakan Hadir Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra Irwan SE.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Malam ini, Anugerah Keterbukaan Informasi (KI Riau Award) 2020 digelar di ballroom Hotel Grand Central, Pekanbaru. 

Dalam acara bergengsi ini, Hampir seluruh kepala daerah, baik bupati dan walikota se-Provinsi Riau sudah memberikan konfirmasi hadir. Termasuk Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersama Forkopimda dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana juga bakal hadiri.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra Irwan SE kepada media beberapa saat lalu mengatakan sudah mendapat konfirmasi kehadiran sebagian besar para kepala daerah tersebut. Bahkan sejumlah bupati juga akan didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan tak ketinggalan Kepala Diskominfo masing-masing.

"Alhamdulillah. Hampir sebagian besar Bupati dan Walikota akan hadir bersama-sama dengan Bapak Gubernur Riau dan Ketua Komisi Informasi Pusat," kata Zufra Irwan.

KI Riau Award merupakan ajang bergengsi tahunan untuk transparansi informasi publik karena pada malam anugerah tersebut akan diumumkan Badan Publik mana saja di Provinsi Riau yang dinilai telah melaksanakan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

Bila tahun-tahun sebelumnya baru ada lima kategori badan publik, pada tahun 2020 ini Komisi Informasi Riau menambah satu kategori baru, yakni kelompok badan publik Instansi Vertikal. Kelompok ini melengkapi lima kategori sebelumnya yakni, kategori Kabupaten/Kota, Partai Politik, Perguruan Tinggi, BUMD dan OPD Pemprov Riau.

"Kita juga tambahkan satu kategori khusus yang penghargaannya akan diberikan kepada perorangan yang dinilai cakap dengan bidang tugasnya dalam informasi publik," papar Zufra.

Satu hal yang paling menarik dan baru pertama kali dilakukan KI Riau adalah pemberian "Piagam Hitam" kepada beberapa Badan Publik yang tidak informatif. Sayangnya, pihak KI Riau tidak bersedia membocorkan informasi pada kategori atau kelompok badan publik mana "Piagam Hitam" itu akan diberikan. "Tunggu saja nanti malam, akan diumumkan bersamaan dengan para pemenang anugerah KI Riau 2020," elak Zufra.

Seperti diberitakan sebelumnya, terdapat tiga klasifikasi pemenang dalam KI Riau Award ini. Yakni, "cukup informatif", "menuju informatif" dan "informatif". Badan Publik yang mendapat predikat "Informatif" itu artinya berada di posisi teratas untuk masing-masing kategori yang penentuannya berdasarkan nilai akumulatif dari berbagai jenis penilaian yang dilakukan oleh para Komisioner KI Riau.

Anugerah Keterbukaan Informasi, KI Riau Award, ini merupakan bentuk apresiasi kepada Badan Publik yang telah melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam menjalankan kewajiban serta memberikan akses informasi kepada masyarakat melalui metoda dan instrumen pemerintahan. Sementara Pemeringkatan Badan Publik bertujuan mendorong Badan Publik untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang transparan dan terbuka.

Proses penilaian dan pemeringkatan terhadap badan Publik tahun 2020 ini sudah dilakukan KI Riau sejak Juli silam. Diawali dengan penyerahan daftar isian kuesioner SAQ kepada seluruh badan publilk, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi (monev), visitasi ke seluruh badan publik untuk cross check daftar isian SAQ, presentasi keterbukaan informasi oleh badan publik, penilaian dan pemeringkatan dan terakhir sidang pleno penetapan para pemenang.

"Memang tahapannya sangat panjang. Namun tentu saja dengan tahapan seperti itu, kita akan dapat mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan badan-badan terhadap pelaksanaan UU KIP tersebut," ujar Zufra.

Menjelang pelaksaanaan kegiatan anugerah KI Riau Award malam ini, pada Rabu malam juga telah dilaksanakan gladi bersih di tempat acara. Hasil pantauan media, Malam Anugerah itu akan diawali dengan makan malam bersama seluruh undangan. Setelah lagu Indonesia Raya dan Doa, acara dilanjutkan dengan tari selamat datang, sambutan Ketua KI Riau Zufra Irwan dan Ketua KI Pusat Gede Narayana. Baru setelah itu prosesi pengumuman pemenang, penyerahan piala serta Piagam KI Riau Award untuk para pemenang dan diakhiri dengan sambutan Gubernur Riau Syamsuar.(adv)