Kunjungi Polresta Pekanbaru, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Tata Kelola SDM


Dibaca: 1070 kali 
Senin, 19 Oktober 2020 - 00:00:34 WIB
Kunjungi Polresta Pekanbaru, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Tata Kelola SDM Tim Pusat Puslitbang melakukan kunjungan ke Polresta Pekanbaru, Senin (19/10/2020)

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri (Puslitbang) melakukan kunjungan ke Polresta Pekanbaru, Senin (19/10/2020).

Kunjungan ini untuk melakukan kegiatan penelitian tentang Tata Kelola Sumber Daya (SDM) Polri dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu.

Dalam kunjungan ini, Tim Puslitbang Polri dipimpin langsung Kombes Pol Drs Yasirman didampingi Wakapolresta Pekanbaru AKBP Yusup Rahmanto SIK MH dan dihadiri dari tim Pulitbang Polri dan beberapa operator yang mewakili.

Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Drs Yasirman menyampaikan, Puslitbang Polri datang, khususnya ke Polresta Pekanbaru ini untuk melakukan penelitian tentang mekanisme tata kelola sumber daya Polri dalam mengimplmentasi teknologi informasi dan komunikasi terpadu di kewilayahan, Puslitbang Polri. Dan ini menjadi salah satu dari satuan kerja di Mabes Polri dan dalam pelaksanaan tugas dikoordinir Wakapolri.

"Maksud penelitian ini untuk mencari data dan masukkan terkait pengelolaan manajemen terpadu teknologi informasi Polri yang terdapat dikewilayahan khususnya Polresta Pekanbaru serta faktor yang menjadi kendala," sebut Kombes Pol Drs Yasirman.

Sementara itu, Wakapolresta Pekanbaru AKBP Yusup Rahmanto SIK MH menjelaskan aplikasi yang ada di Polresta Pekanbaru. Aplikasi tersebut terdiri dari pelayanan dalam penyidikan perkara, pengiriman SP2HP secara online, peningkatan trust building masyarakat kepada kepolisian, kemudian pelayanan Integreted Criminal Justice Sistem (ICJS), memiliki operator dari masing-masing fungsi yang mewakili kegiatan ini untuk mengendalikan aplikasi berbasis online di Polresta Pekanbaru.

"Kedepan kita akan memberikan perbaikan. Dan hasil penelitian ini, produknya akan dibahas secara nasional. Nantinya akan diperbaiki dari Mabes Polri," sebut Wakapolresta.

Kegiataan dilanjutkan dengan FGD wawancara dengan Sitipol, Bagren dan fungsi yang berbasis online terhadap pengelolaan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi Polri dan sinergitas implementasinya. Kemudian pengisian kuisioner khusus pada  personel Polri yang bertugas command centre atau sentra pelayanan masyarakat berbasis online.(*)