Kampar Berduka, dr John Andi Zainal Gugur Terpapar Covid-19


Dibaca: 4055 kali 
Jumat, 25 September 2020 - 03:46:04 WIB
Kampar Berduka, dr John Andi Zainal Gugur Terpapar Covid-19

Kampar, Hariantimes.com - Innalillahi wa innailaihi rojiuun. Kabupaten Kampar, Provinsi Riau berduka.

dr Jhon Andi Zainal meninggal dunia sekitar pukul 14.45 WIB di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Dan Almarhum adalah seorang PNS aktif di Puskesmas Air Tiris Kampar lebih kurang 17 tahun.

Meninggalnya dr Jhon Andi Zainal, menambah deretan panjang tenaga kesehatan yang gugur karena Covid-19 di Indonesia.

Almarhum adalah Dokter ke-2 yang gugur di Provinisi Riau dan Kabupaten Kampar karena berjuang melawan Covid-19 sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Nuzelly Husnedi membenarkan dr Jhon Andi Zainal meninggal karena terinfeksi Covid-19.

Nuzelly mengatakan, dr Jhon Andi Zainal dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru karena kondisinya terus memburuk selama dalam perawatan di RSUD Kampar. Kemudian dirawat di ICU RSUD Arifin Achmad Pekanbaru selama lima hari yakni sejak Minggu (20/09/2020).

"dr Jhon Andi Zainal memiliki penyakit penyerta yakni diabetes. Dengan meninggalnya dr Jhon Andi Zainal, berarti sudah ada dua dokter yang meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. Sebelumnya, pada Sabtu (12/09/2020), dr Oki Alfian bin Alamsyah, Kepala Puskesmas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar juga meninggal dunia saat dalam perawatan karena Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru melawan virus corona,” jelas Nuzelly.

Almarhum tutup usia pada usia 53 tahun dengan meninggalkan 1 orang isteri dan 7 orang anak yang beralamat di Desa Penyasawan, Kecamatan Kampar.

"Innalillahi wa innailaihi rojiuun. Telah berpulang ke rahmatullah Dokter kita, sahabat kita, saudara kita yang berbulan-bulan bekerja, berjuang, membantu dan menolong kita dalam melawan dan memerangi Covid-19. Kita semua sayang pak dokter, namun Allah lebih sayang kepadanya. Selamat jalan pak dokter. Semoga kembali dengan Husnul Khatimah dan segala amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT.  Aamiin yaa rabbal alamiin," ucap Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi saat melepas jenazah Almarhum Dr J Andi Zainal usai disholatkan di halaman kediaman almarhum sebelum kebumikan menuju ke pemakanam di Desa Penyasawan Kecamatan Kampar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,  Kamis (24/09/2020).

Yusri menyampaikan, Almarhum yang sudah bertugas lebih kurang 17 tahun ini pernah bertugas di Puskesmas Tambang, RSUD Bangkinang dan terakhir di Puskesmas Kampar.  Semoga perjuangan Almarhum melawan Covid-19 tidak disia-siakan oleh seluruh masyarakat Kampar dengan terus melindungi diri dari wabah Covid-19, teruslah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan meningkatkan imunitas tubuh.(*)