Bupati Siak: Pemakai Narkoba Rentan Kena Corona


Dibaca: 998 kali 
Ahad, 16 Agustus 2020 - 18:04:04 WIB
Bupati Siak: Pemakai Narkoba Rentan Kena Corona Bupati Siak Alfedri saat membuka acara penyuluhan bahaya narkoba di Aula Kampung Langkai, Kecamatan Siak, Riau, Minggu (16/08/2020).

Siak, Hariantimes.com - Virus Corona hingga kini masih menjadi momok menakutkan. Sebab, tak hanya orang dengan penyakit bawaan saja, tetapi orang sehat juga beresiko terinfeksi virus mematikan tersebut.

Namun, bagi para pecandu dan pemakai narkoba justru lebih rentan terkena virus Corona.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak Alfedri saat membuka acara penyuluhan bahaya narkoba di Aula Kampung Langkai, Kecamatan Siak, Riau, Minggu (16/08/2020).

"Memakai narkoba akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh yang sangat drastis, sehingga mudah terjangkit virus Corona," kata Alfedri.

Menurut Alfedri, pendapat yang ia sampaikan itu juga pernah disebutkan oleh beberapa akademisi di Indonesia. 

"Intinya, kalau imunitas tubuh kita lemah, pasti segala macam penyakit akan masuk. Sebab, imunitas tubuh berfungsi melindungi tubuh dari berbagai infeksi penyakit, termasuk virus Corona," kata dia.

Maka itu, Ketua PAN Siak ini menyimpulkan bahwa dampak buruk bagi pemakai narkotika jenis apapun di tengah Covid-19 berlipat-lipat dibanding sebelumnya.

"Jangan coba-coba sedikitpun barang itu. Karena sekali mencoba, pasti ada yang kedua, ketiga dan seterusnya, hingga akhirnya menjadi pecandu. Jika sudah kecanduan, bukan hanya diri sendiri yang rusak, melainkan Kamtibmas juga pasti terganggu, sebab dari narkoba inilah kejahatan lainnya muncul," katanya.(Infotorial/Kabupaten Siak)