Tngkatkan Daya Saing Suatu Daerah

Zardewan: Program Peremajaan Sawit Sangat Penting


Dibaca: 2405 kali 
Jumat, 04 September 2020 - 00:03:14 WIB
Zardewan: Program Peremajaan Sawit Sangat Penting Wakil Bupati Pelalawan Zardewan saat melakukan replanting program peremajaan sawit rakyat Desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Rabu (02/09/2020) kemarin.

Pelalawan, Hariantimes.com - Program peremajaan sawit sangat penting. Bukan hanya untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani, tetapi juga meningkatkan daya saing suatu daerah. 

Terlebih lagi Kabupaten Pelalawan sebagai pusat riset industri hilir kelapa sawit yang terletak di tekhnopark Kabupaten Pelalawan. 

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pelalawan Zardewan saat melakukan replanting program peremajaan sawit rakyat Desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Rabu (02/09/2020) kemarin.

Replanting penumbangan perdana peremajaan sawit rakyat kemaren ditandai pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Pelalawan Zardewan.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pelalawan, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan, Kepala Aspekpir Provinsi Riau, Camat Ukui, Babinsa, Kapolsek, Ketua KUD Ukui, Kelompok Tani Desa Trimulya Jaya, serta Kepala Desa Trimulya Jaya. 

Replanting ini dalam rangka meningkatkan produksi dan menaikkan pendapatan petani sawit, masyarakat Desa Trimulya Jaya melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) KUD Bakti Desa Trimulya Jaya melakukan replanting dengan tema "Tumbang Perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Trimulya Jaya.

Zardewan mengatakan, peningkatan produksi kebun sawit melalui replanting atau peremajaan sawit rakyat dapat menopang kebutuhan bagi pengembangan industri hilir kelapa sawit yang ada di Kabupaten Pelalawan. Dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Zardewan juga menyampaikan, penggunaan biodiesel berupa teknologi B100 menjadi  bahan bakar tarbaru yang akan menjadi alternatif di masa mendatang. Artinya, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri akan disumbangkan dari sektor industri kelapa sawit dengan menyiapkan program replanting tepat sasaran terutama kebun sawit rakyat yang perlu dilakukan dengan cara yang benar. 

Camat Ukui H Amri Juharza SKom manyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Wakil Bupati dan rombongan dalam acara pembukaan replanting di Desa Trimulya Jaya. 

Camat berharap, dengan adanya kegiatan replanting melalui pendanaan dari BPDP-KS dan KUD ini semoga dapat membantu masyarakat melakukan peremajaan sawit rakyat yang sudah tua dan tingkat produktivitasnya sudah berkurang.(*)