Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi

Gubri: Kita Harus Ada Terobosan Baru


Dibaca: 1182 kali 
Senin, 24 Agustus 2020 - 00:44:03 WIB
Gubri: Kita Harus Ada Terobosan Baru Gubri Drs Syamuar MSi saat ramah tamah bersama Ferkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Muda Kabupaten Kepulauan Meranti di Balroom Grand Meranti Hotel, Minggu (23/08/2020) Malam.

Meranti, Hariantimes.com - Pemerintah daerah harus melakukan terobosan baru dalam menciptakan kekompakkan mengurus daerah ini.

Karena saat ini ada peluang yang bisa diberikan secara bersama dalam membangun ekonomi daerah dan pembangunan daerah Kepulauan Meranti, khususnya dalam membangun Provisi Riau pada umumnya.

Apalagi di tengah APBD kurang stabil dan Dana Bagi Hasil (DBH) yang jumlahnya tidak memadai untuk membangun. Untuk itu, perlu perjuangan bersama dalam membangun daerah.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, tentunya dalam membangun hal itu mustahil bisa tercapai. Karena saat ini, kita dalam membangun berkurang kas daerah. Namun demikian, kita sudah berjumpa Komisi V DPR RI. Kondisi sulit. Tapi tak usah pesimis, kita harus ada terobosan baru yang harus kita buat," ujar Gubenur Riau (Gubri) Drs Syamuar MSi saat ramah tamah bersama Ferkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Muda Kabupaten Kepulauan Meranti di Balroom Grand Meranti Hotel, Minggu (23/08/2020) Malam.

Hadir saat itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, Ketua DPRD Meranti Ardianyah, Wakapolres Kompol Nipwin Bonar, Danramil 03 Tebing Tinggi Mayor Inf Bismi Tambunan serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama.

Dengan kondisi saat ini, sebut Gubri, perlu dorongan kerja nyata secara bersama. Disamping itu juga harus ada suatu gerakan secara bersama dalam membangun ekonomi saat ini serta memberdayakan UPT dan KPH dalam menciptakan kerjsama dengan pihak perusahaan. 

"Kita harus bisa bergerak di tengah-tengah masyarakat dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Kita juga harus menjaga ekonomi masyarakat dengan harapan baru dalam persoalan-persoalan dalam membangun daerah," ujar Gubri.

Saat ini, sebut Gubri, semua negara sudah membutuhkan daya pangan yang sangat tinggi. Dan pemerintah daerah harus mendorong ketahanan pangan tersebut. Potensi ini dinilai harus adanya ketahanan yang kuat dalam meningkatkan harga jual beli kedepannya supaya bagus. 

"Untuk itu, kita harus merubah mindset manset dalam meningkatkan kebutuhan masyarakat. Yang paling utama masalah makan. Dan harus ada nilai ekonomis dalam menciptakan peluang bagi kita untuk meningkatkan hasil pangan di daerah Riau. Dan ini semua pihak mulai dari pihak Kepolisian, TNI dan sebagiannya sudah bekerja agar nilai ekonomis tumbuh kembali di masyarakat kita," kata Syamsuar.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim Ketika menyampaikan sambutan mengatakan, kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten kepulauan Meranti masih tetap solid dalam hal membangun daerah dan perkembangan daerah kedepannya.

"Saat ini hubungan antara kita dalam membangun Kepualauan Meranti sudah berjalan baik sebagaimana yang diharapkan masyarakat Kepulauan Meranti. Saya harap kerjasama selama ini tetap ditingkatkan dalam membangun Kepualauan Meranti. Dan dalam Kemajuan daerah harus dapat prioritas dari kabupaten lain, karena daerah termiskin di Provinsi Riau," kata Said Hasyim.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Riau Wan Abu Bakar mengatakan, Gubenur Riau Drs Syamuar orang tidak asing lagi bagi Kepualauan Meranti. Karena Gubri menjadi Bupati Perdana di Kepulauan Meranti.

"Perjuangan untuk membangun daerah ini, baik banyak perkembangan sudah terciptakan dengan baik oleh pemerintah daerah. Namun butuh dukungan untuk membangun lebih baik lagi," kata Wan Abu Bakar seraya berharap, dengan perencanaan matang tentunya harus adanya dukungan semua pihak dalam menciptakan daerah yang berjaya. 

"Dan fokus membangun dengan kondisi daerah kita saat ini adalah apa yang menjadi prioritas masyarakat kita," katanya.(*)


Penulis: Tengku Harzuin