KUA Bandar Sei Kijang Taja Rakor Layanan Nikah New Normal


Dibaca: 1534 kali 
Rabu, 01 Juli 2020 - 09:57:23 WIB
KUA Bandar Sei Kijang Taja Rakor Layanan Nikah New Normal KUA Bandar Sei Kijang menyelenggarakan rakor layanan nikah dimasa new normal, Rabu (01/07/2020).

Pelalawan, Harintimes.com - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bandar Sei Kijang menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) layanan nikah dimasa new normal, Rabu (01/07/2020).

Rakor yang dipimpin KUA Bandar Sei Kijang Edisyamsaimi SAg ini dihadiri Camat Bandar Se Kijang Wazarman SE, Kapolsek AKP Yusuf Purba dan seluruh Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Bandar Sei Kijang.

Dalam  rakor tersebut, Edisyamsaimi menjelaskan, berdasarkan surat edaran Kementrian Agama RI nomor P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid disebutkan, bahwa pernikahan dimasa New Normal dapat dilaksanakan di kantor KUA atau di luar KUA seperti rumah dan gedung dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Dimasa New Normal ini pernikahan dapat dilaksankan di KUA dan di luar KUA dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelas Edisyamsaimi.

Sementara pelaksanaan akad nikah dan di kantor KUA dan di rumah, sebut Edisyamsaimi, hanya boleh dihadiri 10 orang termasuk 2 orang dari KUA. Sedangkan peserta proses akad nikah di masjid atau gedung diikuti sebanyak banyaknya 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang.

"Dalam surat edaran ini sudah jelas, layanan nikah di masa new normal dengan mengikuti protokol kesehatan. Jika pada saat akad nikah tidak memenuhi protokol kesehatan sesuai surat edaran Menteri Agama, maka KUA Kecamatan melalui penghulu berhak untuk membatalkan prosesi akad nikah disertai alasan  penolakannya secara tertulis yang diketahui oleh aparat keamanan," papar Edisyamsaimi.(*)