Abrasi di Pulau Terluar Riau Semakin Parah

Eddy M Yatim: Kami Minta Perhatian Pemerintah Pusat


Dibaca: 942 kali 
Rabu, 01 Juli 2020 - 02:04:00 WIB
Eddy M Yatim: Kami Minta Perhatian Pemerintah Pusat Anggota DPRD Riau Eddy M Yatim

Pekanbaru, Hariantimes.com - Abrasi yang melanda pulau-pulau terluar di Riau semakin parah. Bahkan setiap tahun terus berkurang hingga tiga meter. 

Kalau abrasi itu terus dibiarkan, bisa mengancam kedaulatan, karena berbatasan langsung dengan negara tetangga. 

Terkait hal ini, Anggota DPRD Riau Eddy M Yatim meminta pemerintah pusat melalui Kementerian terkait untuk memperhatikan masalah abrasi pulau-pulau terluar di Riau ini. Pasalnya, saat ini abrasi dipulau terluar tersebut sudah semakin parah.

 "Kami minta perhatian pemerintah pusat," tandas Eddy M Yatim saat acara rapat koordinasi Gubernur Riau dengan Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi di Balai Dang Merdu Menara Bank Riau Kepri, Selasa (30/06/2020).

Dikesempatan itu, Eddy M Yatim meminta anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi agar hal tersebut disampaikan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Pasalnya, kementerian PUPR merupakan mitra kerja Komisi V DPR RI.

Salah satu upaya pengendalian abrasi tersebut, sambung Eddy M Yatim, dengan pembangunan turap. Namun untuk pembangunan tersebut, tidak bisa mengandalkan APBD Riau, apalagi APBD kabupaten/kota.

"Kalau mengandalkan APBD, akan habis untuk itu saja. Jadi memang harus ada bantuan dari pemerintah pusat," ujar Eddy M Yatim.(*)