RDP dengan Kelompok Tani Talang Mamak Sejahtera

Komisi II DPRD Riau Bahas Perampasan Kawasan yang Dilakukan PT SS


Dibaca: 1185 kali 
Senin, 29 Juni 2020 - 23:48:25 WIB
Komisi II DPRD Riau Bahas Perampasan Kawasan yang Dilakukan PT SS Komisi II DPRD Riau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kelompok Tani Talang Mamak Sejahtera, Senin (29/06/2020).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Komisi II DPRD Riau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kelompok Tani Talang Mamak Sejahtera, Senin (29/06/2020).

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Riau Robin Hutagalung dan anggota Komisi II M Arfah, Sugianto, Marwan Yohanis, Manahara Napitupulu, Sulaiman, Ardiansyah dan Sewitri. 

Hadir Ketua Kelompok Tani Talang Mamak Sejahtera Rodang bersama Bendahara Sarjono dan anggota Sugiono.

RDP ini membahas masalah perampasan kawasan yang dilakukan PT Surya Subur (SS). Dimana selama ini lahan tersebut adalah hutan yang sudah bertahun-tahun dikelola oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani. 

Sejak lahan tersebut dikuasai oleh PT SS, maka pihak perusahaan tidak lagi memberi izin kepada masyarakat untuk memasuki atau menggarap lahan tersebut. 

Untuk itu, pengurus kelompok tani mengadukan permasalahan ini ke Komisi II DPRD Riau dan mengajak juga untuk turun ke lokasi. Karena pihak perusahaan tidak mempunyai hak untuk melarang masyarakat ataupun petani memasuki lahan yang sudah dikuasai oleh PT SS.

"Dulu memang pihak perusahaan pernah memberi janji kepada masyarakat yang katanya akan membangunkan kebun untuk masyarakat. Ternyata sampai sekarang kebun itu tidak ada. Selanjutnya ada lahan yang selama ini dijadikan tempat wisata oleh masyarakat, sekarang ini lahan tersebut sudah tidak boleh lagi untuk dimasuki. Dan itulah sebagai pemicu konflik antara pihak perusahaan dan masyarakat." terang Ketua Kelompok Tani Rodang kepada seluruh anggota Komisi II DPRD Riau.

Untuk mendalami permasalahan tersebut, Ketua Komisi II Robin Hutagalung berjanji akan memanggil  pihak perusahaan PT SS dan pihak Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup di rapat berikutnya yang telah diagendakan pada 16 Juli 2020.(*)