5.328 Jamaah Haji Riau didorong Menuju Arafah


Dibaca: 262 kali 
Jumat, 14 Juni 2024 - 17:41:17 WIB
5.328 Jamaah Haji Riau didorong Menuju Arafah 5.328 jamaah haji Provinsi Riau bersama jutaan jamaah haji lainnya di dunia akan didorong menuju Padang Arafah untuk melaksanakan Wukuf pada 9 Dzulhijjah 1445 Hijriyah atau bertepatan dengan 15 Juni 2024.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Sebanyak 5.328 jamaah haji Provinsi Riau bersama jutaan jamaah haji lainnya di dunia akan didorong menuju Padang Arafah untuk melaksanakan Wukuf pada 9 Dzulhijjah 1445 Hijriyah atau bertepatan dengan 15 Juni 2024.

Berdasarkan laporan Ketua Kloter kepada Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, jamaah haji berada dalam keadaan sehat waf'afiat dan sudah bersiap untuk diberangkatkan menuju arafah.

“Berdasarkan laporan Petugas Kloter, jamaah haji Provinsi Riau saat ini sudah bersiap menuju arafah. Trip pertama jamaah akan diberangkatkan pada pukul 07.00 WAS hingga 11.00 WAS dan trip kedua pada pukul 11.00 WAS sampai 14.00 WAS. Untuk kondisi jamaah berada dalam keadaan sehat wal'afiat. Hanya terdapat beberapa jamaah mengalami batuk efek dari perubahan cuaca," tutur Muliardi.

Muliardi menyampaikan, cuaca di Kota Makkah berada pada 48 derajat celcius. Oleh karena itu, jamaah haji diminta untuk mengguna Alat Pelindung Diri (APD) saat berada di luar hotel dan selama di Armuzna.

“Kondisi cuaca di Makkah terakhir dilaporakan cukup ekstrim berada di 48 derajat. Oleh karena itu, saya minta jamaah haji Riau menggunakan APD seperti payung, lotion dan Masker, serta sesering mungkin mengkonsumsi air agar tidak dehidrasi. Ikuti arahan petugas. Karena selama Armuzna itu full menggunakan fisik," imbau Muliardi.

Sementara itu, jelas Muliardi lagi, jamaah haji selain menggunakan skema normal menuju Arafah ada juga yang menggunakan skema murur.

"Jamaah Riau yang mengguna skema murur itu ada 1.243. Itu termasuk dalam kategori Risti, Lansia, Disabilitas dan Pendamping. Jamaah ini saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina. Sedangkan Jemaah Riau yang disafari wukufkan berjumlah 11 orang,” ungkap Muliardi sembari berpesan kepada seluruh petugas untuk memperhatikan dan membantu serta memantau jamaah haji Riau.

“Saya minta seluruh petugas untuk dapat memantau keadaan jelamaahnya. Pastikan jamaah sudah melaksanakan Armuzna dan kawal pergerakannya. Karena jamaah itu tanggung jawab petugas. Beri layanan terbaik, manfaatkan Ketua Rombongan atau Ketua Regu untuk bantu memantau jamaah sehingga seluruh jemaah bisa di koordinir,” pesan Muliardi.(*)