Angka Stunting di Riau Turun 13,6 Persen, SF Hariyanto: Semoga Jadi Satu Digit di Tahun 2025


Dibaca: 494 kali 
Selasa, 16 April 2024 - 14:55:00 WIB
Angka Stunting di Riau Turun 13,6 Persen, SF Hariyanto: Semoga Jadi Satu Digit di Tahun 2025 Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah berhasil menurunkan angka stunting dari 17 persen menjadi 13,6 persen.

Capaian tersebut tentunya sudah diatas target yang ditentukan oleh pemerintah pusat yaitu 14 persen.

Atas capaian tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam membantu menurunkan stunting di Bumi Lancang Kuning.

"Alhamdulillah untuk pencapaian stunting saya mengucapkan terima kasih kepada kita semua. Sebab kita telah berhasil menurunkan angka stunting dari 17 persen menjadi 13,6 persen," kata SF Hariyanto di Kantor Gubernur Riau, Selasa (16/04/2024).

Tak ingin sampai disitu saja, SF Hariyanto juga berharap semua pihak untuk terus berupaya dengan maksimal agar pada 2025 juga mengalami penurunan yang signifikan.

"Ini perlu kita tingkatkan lagi. Semoga menjadi satu digit untuk stunting tahun 2025," pungkasnya.

Beberapa waktu lalu, pada saat menghadiri Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Riau, Pj Gubri juga mengatakan bahwa isu yang menjadi penghambat menyiapkan Indonesia Emas 2045 adalah stunting. Stunting menyebabkan penurunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dapat menurunkan daya saing masyarakat.

"Isu stunting jadi hambatan dalam menyiapkannya (Indonesia Emas). Stunting menyebabkan rendahnya kapasitas intelektual dan menurunkan daya saing masyarakat Indonesia di masa depan," jelas Pj Gubri.

Pj Gubri menuturkan, dalam percepatan penurunan stunting, pemerintah tidak bisa hanya bekerja sendiri. Pemerintah Provinsi hingga kota dan kabupaten serta lembaga terkait haruslah bahu-membahu mengambil peran.

Kemudian data sasaran menjadi acuan dalam membuat perencanaan penurunan stunting sangatlah penting, siapa saja yang membutuhkan bantuan. Untuk itu, Posyandu sangatlah diperlukan karena disana informasi didapatkan.

"Posyandu sangat perlu, karena di sana informasinya. Kita bisa tau mana ibu hamil, mana anak dengan stunting," pungkas SF Hariyanto.(*)