Jelang Ramadhan, IZI Riau Laksanakan Program Benah Musholla di Desa Teluk Samak


Dibaca: 407 kali 
Senin, 11 Maret 2024 - 14:10:00 WIB
Jelang Ramadhan, IZI Riau Laksanakan Program Benah Musholla di Desa Teluk Samak Menjelang bulan suci Ramadhan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau melaksanakan program benah Musholla.

Meranti, Hariantimes.com - Menjelang bulan suci Ramadhan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau melaksanakan program benah Musholla.

Kegiatan ini dilaksanakan di Musholla Al Falah, Desa Teluk Samak, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (09/03/2024).

Musholla Al Falah ini merupakan hasil gotong-royong para warga sekitar agar bisa beribadah lebih dekat, khususnya sholat lima waktu.

Tim IZI Riau, Muhammad Irwan menyampaikan, dipilihnya Desa Teluk Samak, Kepulauan Meranti ini karena menjadu salah satu wilayah program Da'i Penjuru Negeri (DPN) yang merupakan program IZI yang telah berjalan lebih kurang dua tahun.

Dan IZI IZI Riau memberikan bantuan program benah ini agar musholla kembali lengkap fasilitasnya dan jama'ah semakin nyaman beribadah. Penyerahan bantuan program benah musholla ini diserahkan  secara simbolis dari IZI ke pengurus Musholla Al Falah, Desa Teluk Samak. Bantuan program benah Musholla ini   diberikan dalam bentuk barang berupa cat, kipas angin 4 buah, sajadah, sound system, Al-Qur'an dan plang nama.

"Kami melihat warna cat dinding bangunan Musholla Al Falah telah kusam, kemudian juga belum ada sajadah. Alat pengeras suara musholla masih layak dipakai, namun kualitasnya sudah mulai menurun dan tidak maksimal jika digunakan. Hal ini tentunya berdampak langsung dengan kenyamanan jama'ah dalam beribadah dan mengumandangkan azan. Beberapa fasilitas lain demi kenyamanan jamaah juga banyak yang perlu diganti seperti kipas angin banyak juga yang rusak. Untuk itu diperlukan pembenahan Musholla agar tampak nyaman untuk digunakan oleh jamaah Musholla dalam melaksanakan ibadah," tutur Muhammad Irwan melalui release yang diterima Hariantimes.com, Senin (11/03/2024).

Untuk kegiatan ini, sebut Muhammad Irwan, IZI Riau bersama masyarakat gotong royong bersama-sama membenahi Musholla Al Falah ini pasca diserahkan bantuan secara simbolis. Jamaah mulai sibuk dengan aktifitas mengecat dinding musholla, pemasangan kipas angin, membentangkan sajadah baru dan bersih-bersih Musholla luar dan dalam.

Irwan mengharapkan kepada seluruh jamaah untuk tetap semangat dan menghidupkan suasana musholla, apalagi di bulan Ramadhan.

"Untuk jamaah Musholla Al Falah, harapan kami Musholla ini terus hidup. Mari kita ramaikan, apalagi di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah musholla kita sudah semakin bagus, sudah kita cat, sajadah baru, kipas angin baru  serta beberapa Al-Qur'an dan ada tambahan Sound Sytem yang Insya Allah akan membuat kita semakin nyaman dalam beribadah," ungkap Irwan.

Ketua Musholla Al Falah Rismaun menyampaikan rasa terima kasih kepada  IZI Riau beserta donaturnya yang telah menyalurkan program benah musholla di Desa Teluk Samak yang tentunya bantuan ini membuat jamaah semakin nyaman dalam beribadah.

"Terima kasih kami tidak terhingga kepada para donatur IZI dan tim IZI Riau yang telah menyalurkan program benah Musholla di Musholla Al Falah Desa Teluk Samak ini. Sekarang tempat beribadah kami terlihat lebih indah dan lebih nyaman, Insya Allah jamaah kami akan menjaga semua fasilitas yang telah diberikan oleh IZI Riau, tentunya Musholla ini akan kami makmurkan dengan berbagai kegiatan Islami" ujar Rismaun.(*)