Padamkan Karhutla di Tanjung Palas, Kapolres Dumai Imbau Seluruh Masyarakat Tidak Membakar Lahan Sembarangan


Dibaca: 311 kali 
Rabu, 28 Februari 2024 - 19:45:00 WIB
Padamkan Karhutla di Tanjung Palas, Kapolres Dumai Imbau Seluruh Masyarakat Tidak Membakar Lahan Sembarangan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton SH SIK MSi pimpin langsung upaya pemadaman Karhutla di Jalan Dumai Motor RT 004, Jalan Tanjung Sari RT 015 dan Jalan Rafanda RT 015 Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur, Selasa (27/02/2024).

Dumai, Hariantimes.com - Dibawah terik sinar matahari, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton SH SIK MSi pimpin langsung upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Dumai Motor RT 004, Jalan Tanjung Sari RT 015 dan Jalan Rafanda RT 015 Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur, Selasa (27/02/2024).

Dari lokasi pemadaman dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi serta tanpa mengenal status, pangkat dan jabatan, Kapolres tampak saling bahu-membahu melaksanakan upaya Karhutla bersama Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis SH MH dan KBO Sat Samapta Polres Dumai Iptu Sukadis, personel TNI-Polri, BPBD Kota Dumai, Manggala Agni, Regu Pemadam, perwakilan Kantor Kecamatan Dumai Timur dan Kantor Kelurahan Tanjung Palas, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta masyarakat.

Kondisi lahan yang berada tak jauh dari pemukiman warga, membuat Kapolres bersama personel Polres Dumai bergerak cepat untuk memadamkan api agar tidak menyambar pemukiman warga disekitarnya.

Kapolres menyampaikan, Satgas Karhutla Kota Dumai khususnya Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai berkomitmen akan segera dan secepatnya memadamkan kebakaran hutan ataupun lahan di wilayah Kota Dumai dan pantang pulang sebelum api benar-benar padam.

Tak lupa pula, Kapolres menghimbau seluruh masyarakat khususnya Kota Dumai untuk tidak membakar lahan sembarangan baik untuk membersihkan ataupun membuka lahan.

"Indonesia saat ini mengalami musim el-nino. Sehingga menimbulkan kondisi yang lebih kering dan bisa menyebabkan kemarau cukup panjang. Jadi jangan membersihkan, apalagi membuka lahan dengan cara membakar. Karena Polres Dumai beserta Polsek Jajaran Polres Dumai akan menindak tegas pelaku yang mengakibatkan Karhutla," tegas Kapolres.(*)