PV Rooftop, Solusi Cerdas PLN Icon Plus untuk Energi Listrik Ramah Lingkungan


Dibaca: 351 kali 
Kamis, 08 Februari 2024 - 14:52:04 WIB
PV Rooftop, Solusi Cerdas PLN Icon Plus untuk Energi Listrik Ramah Lingkungan PV Rooftop, Solusi Cerdas PLN Icon Plus untuk Energi Listrik Ramah Lingkungan.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Di tengah kian kencangnya tuntutan masyarakat global untuk memenuhi kebutuhan energi listrik yang ramah lingkungan, PLN Icon Plus menjawabnya dengan melakukan berbagai inovasi.

Hasilnya antara lain, PV Rooftop yang merupakan solusi energi cerdas yang dimiliki oleh PLN Icon Plus.

PV Rooftop dari PLN Icon Plus merupakan solusi inovatif untuk menghasilkan energi listrik dari penyerapan sinar matahari.

General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagteng, Bahru Rodi Ilmawan menjelaskan, transisi energi merupakan salah satu komitmen PLN Icon Plus untuk menghadirkan solusi energi yang bersih dan ramah lingkungan serta berkelanjutan yang dihadirkan melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) berbasis teknologi dalam layanan PV Rooftop.

Dengan menggunakan PV Rooftop, menurut Bahru, para pengguna dapat menghemat energi dan juga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan hidup.

Sejauh ini Bahru mengklaim, penggunaan PV Rooftop PLN Icon Plus, memiliki manfaat yang luar biasa di wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau (Sumbagteng).

Selain memberikan sumber energi yang bersih dan terbarukan, penggunaan PV Rooftop PLN Icon Plus juga dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Hal ini dapat membantu dalam upaya mitigasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan," terang Bahru lagi.

Menurut Bahru, pemanfaatan energi terbarukan semakin meningkat di wilayahnya.

“Pemanfaatan energi terbarukan semakin meningkat di daerah Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau melalui pengembangan panel surya di atap bangunan," katanya.

Dijelaskan, potensi pengembangan PV Rooftop di wilayah tersebut sangat besar karena memiliki paparan sinar matahari yang cukup tinggi sepanjang tahun.

Sementara Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, PV Rooftop dapat mendukung pemenuhan kebutuhan pelanggan akan bauran energi terbarukan.

"Terlebih Indonesia memiliki target mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060," sebutnya.

Dengan memanfaatkan energi matahari yang melimpah di wilayah ini, menurut Ari Rahmat, PV Rooftop PLN Icon Plus dapat menjadi solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.(*)