Lampaui Target, Donor Darah PWI Riau Berhasil Kumpulkan 150 Kantong Darah


Dibaca: 288 kali 
Selasa, 30 Januari 2024 - 17:56:14 WIB
Lampaui Target, Donor Darah PWI Riau Berhasil Kumpulkan 150 Kantong Darah Aksi donor darah yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau di Atrium Lantai 1 Mal Pekanbaru, Selasa (30/01/2024) berhasil memgumpulkan 150 kantong darah.

Pekanbaru, Hariantimed.com - Aksi donor darah yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau di Atrium Lantai 1 Mal Pekanbaru, Selasa (30/01/2024) berhasil memgumpulkan 150 kantong darah.

Total kantong darah yang dikumpulkan dari para pendonor ini melampaui target dari jumlah yang ditetapkan panitia yakni sebanyak 78 kantong.

"Alhamdulillah dari 78 kantong darah yang ditargetkan, kita berhasil mengumpulkan 150 kantong darah. Hampir dua kali lipat dari target yang ditetapkan," kata Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar, Selasa (30/01/2024).

Tahun lalu, sebut Raja Isyam, jumlah yang ditargetkan sebanyak 77 kantong darah. Tetapi PWI berhasil mengumpulkan 120 kantong darah.

"Dalam kegiatan donor yang rutin dilaksanakan PWI Riau setiap tahunnya, panitia berhasil melampaui target yang ditetapkan. Tak hanya itu, jumlah kantong darah yang dikumpulkan tahun ini berhasil melewati tahun lalu," sebut Raja sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau atas atensi dan dukungan terhadap kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PWI Riau ini.

"Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru yang telah menerjunkan petugasnya untuk mengambil darah para pendonor serta para sponsor dan mitra yang juga telah bersedia membantu PWI Riau dalam bentuk barang untuk dipersembahkan kepada para pendonor yang berhasil lolos diambil darahnya," ucap Raja Isyam.

Disamping itu, sambung Raja, PWI Riau juga mengapresiasi kalangan wartawan anggota PWI Riau, unsur TNI/Polri, ASN, pegawai swasta serta masyarakat umum yang telah meluangkan waktunya untuk ikut menjadi pendonor pada kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PWI Riau bersempena Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PWI.

"Banyak sekali dukungan yang diberikan mitra PWI antara lain PT Indah Kiat Pulp & Paper, Mal Pekanbaru, BPJS Kesehatan, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau, Batam Elektronik, Alfamart dan Bank Cempaka. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dan Klinik Prodia yang telah membantu memberikan tes kesehatan gratis bagi pengunjung, serta seluruh panitia yang kompak mensukseskan acara donor darah PWI Riau. Semoga kegiatan ini mendapat berkah dari Allah SWT dan yang mendonorkan darah mendapatkan pahala dan selalu diberikan kesehatan," ujarnya.

Ketua Panitia Oberlin Marbun mengucapkan selamat kepada pendonor yang berhasil membawa pulang doorprize yang sudah disiapkan panitia.

"Selamat untuk para pendonor yang berhasil bawa pulang doorprize. Salah satunya sepeda berhasil didapatkan oleh Eka, pendonor dari PMI Kota Pekanbaru," ucap Oberlin didampingi Koordinator Donor Darah Armazi Yendra.

Oberlin berharap doorprize yang didapatkan pendonor bisa bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat agar rutin melaksanakan donor darah.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kastalani mengapresiasi kegiatan donor darah yang diselenggarakan PWI Riau.

"Setiap kegiatan ulang tahun, PWI konsisten mengadakan donor darah," ujarnya.

Kastalani menyebutkan PMI Pekanbaru sangat butuh ketersediaan darah. Hal ini dikarenakan hampir tiap hari rumah sakit membutuhkan darah.

"Dalam setahun kami menghasilkan 9000 kantong darah. Dan itu masih saja kekurangan dan selalu minus," ucapnya.

Kastalani berharap PWI Riau ke depannya terus konsisten mengadakan kegiatan donor darah.

"Kalau bisa tiga kali dalam setahun PWI Riau menyelenggarakan donor darah," harapnya.(*)