Pengurus APTISI Riau Ratas Menindaklanjuti Perkembangan Operasional LLDikti Wilayah XVII


Dibaca: 990 kali 
Ahad, 07 Januari 2024 - 21:08:13 WIB
Pengurus APTISI Riau Ratas Menindaklanjuti Perkembangan Operasional LLDikti Wilayah XVII Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia (APTISI) Riau rapat terbatas (ratas) menindaklanjuti perkembangan operasional Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVII di Pekanbaru, Minggu (07/01/2024).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia (APTISI) Riau rapat terbatas (ratas) menindaklanjuti perkembangan operasional Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVII di Pekanbaru, Minggu (07/01/2024).

Ratas yang dipimpin Ketua APTISI Riau Prof Dr Syafrinaldi Sofyan SH MCL ini dihadiri Ketua Dewan Penasehat Prof Dr Syafrani.

Turut pula dihadiri fungsionaris APTISI lain yakni Dr H Syafhendry Rusli (Wakil Rektor I UIR), Dr Admiral Wakil Rektor III UIR), Dr Syafriadi SH MH (Humas APTISI Riau), Dr Firdaus Abdul Rahman (Wakil Rektor II UIR), Dr Indra Hasan (Dekan Fakultas Teknik UMRI), Dr Noprialdi (Rektor UNIKS), Prof Dr Syahlan (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kepri), Dr (c) Yusril Sabri Yusril (Advocat), Meidizon Dahlan (Advocat) dan Dr Haznil Zainal (Ketua Yayasan Persada Bunda).

Dalam ratas ini, hadir pula Prof Dr Syahlan (Guru Besar Kehormatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang/Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau) sebagai tamu kehormatan.

Pada hakekatnya, ratas pengurus APTISI Riau ini membahas dan menindaklanjuti kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVII Afdalisma SPd MH ke Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Di Pekanbaru, Plt Ketua LLDikti Wilayah XVII Afdalisama sudah bertemu dengan Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan juga bertemu dengan Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto untuk menindalanjuti operasional LLDikti Wilayah XVII yang berpusat di Pekanbaru. Yang mana LLDikti Wilayah XVII merupakan pecahan dari LLDikti Wilayah X yang membawahi Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam pertemuan antara Plt Ketua LLDikti Wilayah XVII Afdalisama dengan Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang juga dihadiri pengurus APTISI tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan kantor untuk LLDikti Wilayah XVII di Jalan Sultan Syarif Kasim, tepatnya bekas Kantor Bawaslu Provinsi Riau.

Kemudian, juga dibicarakan tentang rekruitment pegawai yang untuk tahap awal ini berasal dari beberapa orang dari LLDikti Wilayah X Padang dan ditambah dengan pegawai Pemprov Riau yang ingin pindah ke LLDikti Wilayah XVII.

Disamping itu, dibahas juga rencana pembangunan Kantor LLDikti Wilayah X. Dimana tanah hibahnya Pemprov Riau seluas 2 hektare di dekat Stadion Utama. Kemudian gedungnya dibangun oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaab Riset dan Teknologi.

Ketua APTISI Riau yang juga Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr Syafrinaldi Sofyan SH MCL menyampaikan terima kasih kepada Plt Ketua LLDikti Wilayah XVII Afdalisama yang sudah bergerak cepat untuk segera mengoperasikan LLDikti Wilayah XVII ini. Dan APTISI Provinsi Riau akan membackup sepenuhnya kinerja LLDikti Wilayah XVII yang dipimpin Afdalisma agar persiapan operasional LLDikti Wilayah XVII berjalan maksimal sampai nanti ada rekruitment baru terhadap Kepala LLDikti Wilayah X.

Ketua APTISI Riau juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto yang sudah memberi dukungan penuh terhadap beroperasinya LLDikti Wilayah XVII. Dukungan ini sangat penting, karena LLDikti Wilayah XVII yang notabene adalah perpanjangan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dapat beroperasi dengan dukungan yang diberikan oleh Pemprov Riau. Apalagi pada tahap awal pengoperasian, LLDikti membutuhkan kantor, meubler, pegawai dan tidak menutup kemungkinan juga anggaran dari Kementerian yang dititipkan melalui LLDikti Wilayah X maupun dari Pemprov Riau.

"Kami dari APTISI Wilayah X yang notabene adalah Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau berharap, bertekad berkomitmen dan berkemauan keras agar LLDikti Wilayah XVII dapat segera dioperasikan mulai awal tahun 2024," harap Prof Dr Syafrinaldi SH MCL didampingi Sekretaris APTISI Dr Indra Hasan dan Humas APTISI Dr H Syafriadi SH MH.(*)