Bupati Rohil Resmikan Jembatan Air Hitam, Damka: Kami Tidak Terisolir Lagi


Dibaca: 432 kali 
Selasa, 18 Juli 2023 - 21:29:32 WIB
Bupati Rohil Resmikan Jembatan Air Hitam, Damka: Kami Tidak Terisolir Lagi Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP meresmikan pembangunan jembatan penyebarangan ke Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud, Selasa (18/07/2023) sore.

Rohil, Hariantimes.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP meresmikan pembangunan jembatan penyebarangan ke Kepenghuluan Air Hitam, Kecamatan Pujud, Selasa (18/07/2023) sore.

Tampak hadir dalam peresmian itu Ketua PKK Kabupaten Rohil Sanimar Afrizal SPd, Kadis PUPR Rohil Asnar MSi, Camat Pujud Drs HM Yusuf MSi, Ketua GRMB Rohil Nalladya Ayu Rokan, tiga orang anggota DPRD Rohil Ilhami, Hendriza, dan Zulkifli, Ketua LAM Rohil Nasruddin Hasan, LAMR Rohil, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh, para Datuk Penghulu se Kecamatan Pujud, dan Forkopimcam, PNS serta lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kadis PUPR) Rohil Asnar MSi menyampaikan, pekerjaan jembatan ini dilakukan atas permintaan masyarakat ke Dinas PUPR melalui pihak terkait. Dan ini sesuai dengan visi dan misi Bupati Rohil yang ingin membangkitkan daerah terisolir.

“Alhamdulillah telah selesai dan siap untuk diresmikan. Tentunya harapan kita bisa meningkat pendapatan ekonomi masyarakat,” ucap Asnar.

Sementara itu, tokoh masyarakat Air Hitam, Damka mengatakan, sudah sangat lama sekali masyarakat Air Hitam mendambakan pembangunan jembatan tersebut.

“Alhamdulillah, pada kepemimpinan Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong dan bertepatan pula dipimpin oleh Datuk Penghulu Dedi Dahmudi, barulah harapan ini terlaksana. Dan Alhamdulillah sudah bisa masuk mobil di daerah kami ini, yang artinya kami tidak terisolir lagi,” ungkapnya.

Dengan telah dibangunnya jembatan penyebarangan tersebut, katanya, maka mereka bisa hemat waktu mencapai dua jam. Bahkan mereka tidak harus membayar penyeberangan pompong mencapai Rp20 ribu. Dan anak-anak mereka bisa pulang pergi sekolah atau tidak perlu lagi kos diluar dari kampung mereka. Tidak hanya itu, mereka yang bertani dan nelayan sudah mudah menjual hasil mereka keluar dari daerah mereka.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemda Rohil dan DPRD Rohil, khususnya 
Bapak Bupati Rohil Afrizal Sintong. Semoga saja membawa berkah untuk kita semua, dan kami doa kan pada 2024 nanti bapak bupati bisa terpilih lagi,” katanya.

Sementara itu, Bupati Rohil mengatakan,   jembatan ini dibangun dengan dana APBD sekitar Rp33 miliar. Alhamdulillah, dengan dana itu jembatan dengan panjang 140 meter dengan lebar sekitar 7 meter telah selesa  dan kedepan bisa dilalui.

Menurut Bupati, masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk membangun turap di badan jalan agar tidak terkena abrasi.

"Selain itu jalan yang kita lalui kesini bisa kita tinggikan lagi dan bahkan kita aspal atau semenisasi nantinya,” katanya.

Atas telah diresmikan jembatan ini, Bupati berharap kepada lapisan masyarakat, terkhusus masyarakat setempat ikut menjaga kondisi jembatan itu.

“Selain itu kami berharap masyarakat bisa terus mendukung program pemerintah, terkhusunya pemerintah daerah Kabupaten Rohil,” kata Afrizal Sintong.

Bupati menegaskan, Pemda Rohil dibawah kepemimpinannya akan terus mengembangkan daerah terisolir.

“Alhamdulillah, kami yakin dan percaya daerah Air Hitam ini tidak terisolir lagi, dan kami yakin dengan adanya pembangunan jembatan ini peghasilan ekonomi masyarakat akan jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Bupati.

Pada kesempatan peresmian Jembatan Air Hitam itu, Bupati bersama Baznas Rohil dan GRMB Rohil, Pemda Rohil menyalurkan bantuan 400 paket sembako, santunan anak yatim dan bantuan untuk tim rebana yang ada dibeberapa Kecamatan Pujud.

Peresmian Jembatan Air Hitam itu ditandai dengan tanda tangan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan pelepasan balon udara serta pemotong pita oleh Ketua PKK Kabupaten Rohil.

Tidak kalah menarik, Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada kontraktor pengerjaan jembatan itu yakni kepada H. Jumawan SH MH.(rilis diskominfo)