Antisipasi Banjir, DLH Rohil Rutin Normalisasi Parit dan Sungai


Dibaca: 727 kali 
Rabu, 29 November 2023 - 22:07:12 WIB
Antisipasi Banjir, DLH Rohil Rutin Normalisasi Parit dan Sungai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba.

Rohil, Hariantimes.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba.

Di antaranya terus melakukan normalisasi sungai maupun parit yang ada di Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya.

Adapun lokasi yang dilakukan normalisasi antara laim Sungai Sidomulyo, Parit Kerang Lama, Komplek Guru menuju Danau Gatal, Jalan Sempurna, Jalan Madrasah, Jalan Selamat, Jalan Masjid dan Jalan Sumatera Laut.

Kepala DLH Rohil Suwandi SSossaat dikonfirmasi Rabu (29/11/2023) mengatakan, Tim Satgas Banjir Dinas Lingkungan Hidup terus bekerja, baik menggunakan alat berat Excavator maupun secara manual untuk mengantisipasi banjir di Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya.

"Untuk mengantisipasi banjir di musim hujan tiba, Kami dari Dinas Lingkungan Hidup terus bekerja baik menggunakan alat berat Excavator, maupun dilakukan dengan cara manual oleh Tim Satgas. Dan banjir yang terjadi selain akibat hujan deras, penyebabnya juga ada tumpukkan sampah rumah tangga yang kerap dibuang tidak pada tempatnya, sehingga mengakibatkan terjadinya banjir," jelas Suwandi.

Suwandi menyebutkan, kegiatan normalisasi parit dan sungai akan terus dilakukan secara rutin. Sehingga banjir yang terjadi dapat diatasi. Untuk itu, perlu kebersamaan semua pihak untuk menjaga lingkungan yang bersih, asri dan nyaman.

"Mudah-mudahan dengan normalisasi sungai dan drainase yang dilakukan ini, membuat aliran air kembali lancar. Zehingga pada saat hujan tiba, tidak terjadi banjir lagi. Kita juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mari kita jaga lingkungan kita bersama," ajaknya.(*)