Bengkalis Juara Umum MTQ Riau di Inhil


Dibaca: 662 kali 
Senin, 20 November 2023 - 07:59:23 WIB
Bengkalis Juara Umum MTQ Riau di Inhil TERIMA TROPI: Wabup Bengkalis Bagus Santoso menerima tropi piala bergilir juara umum MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi di Astaka Utama tepian Danau Raja, Kecamatan Rengat, Sabtu (18/11/202

BENGKALIS, Hariantimes.com- Kafilah Kabupaten Bengkalis berhasil meraih juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diumumkan pada penutupan MTQ di Astaka Utama tepian Danau Raja, Kecamatan Rengat, Sabtu (18/11) malam

Penutupan MTQ oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi, menjadi hari bersejarah bagi Kabupaten Bengkalis. Pasalnya di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati H Bagus Santoso, capaian keberhasilan para peserta berada di garis maksimal, yang mampu menaklukkan 11 kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, selama perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang telah diselenggarakan sebanyak 40 kali, Kabupaten Bengkalis belum mampu meraih gelar juara umum.

Namun, pada MTQ ke-41 Riau ini akhirnya Kabupaten Bengkalis berhasil mengukir sejarah menjadi peraih Juara Umum, yang di pusat di Kota Rengat dengan gelar kota bersejarah tersebut.

Wakil Bupati H Bagus Santoso, yang hadir pada penutupan MTQ tingkat Provinsi Riau ini mengucapkan, selamat dan tahniah atas prestasi yang diraih dalam perhelatan tersebut.

“Prestasi ini tentu tak terlepas dari usaha maksimal seluruh peserta Kabupaten Bengkalis, pelatih dan official. Terima kasih kami ucapkan kepada semuanya yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2023 ini. Kami sekali lagi mengucapkan tahniah,” ujar Bagus Santoso.

Kafilah Kabupaten Bengkalis berhasil meraih gelar Juara Umum karena telah mengumpulkan 82 poin, yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Hakim, H Sofwan Muhajir dari hasil perolehan juara 1, 2 dan 3 para qori-qori'ah, hafidz-hafidzah, khatat-khatatah, serta sejumlah cabang perlombaan lainnya.

Sementara di posisi kedua, diraih Pekanbaru 63 poin, ketiga Rohil 53, keempat Inhil 42, kelima Dumai 39, keenam Kampar 37, ketujuh Pelelawan 36, kedelapan Rohul 23, Kepulauan Meranti 21, Inhu 20, Siak 20 dan Kuantan Singingi 17 poin.

Sementara itu,  para peserta, pelatih dan official kafilah tiba di Pulau Bengkalis, Ahad (19/11) sekitar pukul 14.30 WIB dan disambut penuh rasa kegembiraan oleh masyarakat yang telah menantikan kedatangan kontingen di pelabuhan penyeberangan Air Putih, Bengkalis.

Setiba di pelabuhan penyebrangan, para peserta di sambut dengan tabuhan kompang, dan kemudian para peserta yang sebelumnya di dalam bus, dipindahkan ke mobil-mobil bak terbuka dangan menenteng piala-piala yang diperolehnya di MTQ Riau tahun ini, dan di arak keliling Kota Bengkalis.

“Konvoi ini adalah ekspresi Kafilah Kabupaten Bengkalis bersama lapisan masyarakat mengarak piala juara umum MTQ sebagai rasa kegembiraan atas prestasi yang diperoleh ini. Ini semua untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis,” ujar Plt Kabag Kesra Setda Bengkalis Herman Nur.

Ia juga berharap, prestasi ini mampu memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat untuk terus membentuk karakter masyarakat yang mencintai Al-Qur'an, mengkaji dan mempedomani dalam kehidupan.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan untuk pelaksanaan MTQ Riau yang akan datang,” ujarnya.(don)

Laporan: Donni Dofiandi, Bengkalis