BKSPTIS Keluarkan Tujuh Seruan Moral Demokrasi dan Pemilu yang Bermartabat


Dibaca: 717 kali 
Sabtu, 18 November 2023 - 12:41:30 WIB
BKSPTIS Keluarkan Tujuh Seruan Moral Demokrasi dan Pemilu yang Bermartabat BKSPTIS Keluarkan Tujuh Seruan Moral Demokrasi dan Pemilu yang Bermartabat.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemilihan umum (pemilu) serentak pada 2024 menjadi momentum untuk dirayakan oleh segenap anak bangsa, sekaligus menjadi ujian kedewasaan berdemokrasi di Indonesia. 

Demokrasi bermartabat adalah prasyarat terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat.

Hal ini dapat dicapai dengan menjaga iklim kebebasan berpendapat, menegakkan keadilan, menghargai keragaman dan menjunjung kesetaraan.  

Untuk itu, peran serta seluruh elemen bangsa mutlak diperlukan agar proses demokrasi tetap berjalan dengan inklusif dan menutup pintu terbentuknya oligarki kekuasaan.

Karena itu, Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam se Indonesia (BKSPTIS) mengeluarkan 7 seruan moral sebagai ajakan kepada pihak-pihak terkait dan wujud rindu BKSPTIS akan kedewasaan bangsa dalam berdemokrasi.

Tujuh seruan moril tersebut yakni sebagai berikut:

1. Mendorong kontestan dan penyelenggara pemilu untuk senantiasa menjaga kejujuran dan mengedepankan integritas.

2. Meminta penyelenggara negara agar menjaga netralitas dan tidak melibatkan mesin birokrasi dan sumber daya publik untuk mendukung kontestan tertentu.

3. Mendesak semua elemen bangsa untuk menghindari kecurangan dan menjunjung tinggi sportivitas.

4. Mengajak seluruh masyarakat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan kelompok/golongan yang mengabaikan kepentingan bangsa Indonesia.

5. Menyeru masyarakat sipil untuk secara kolektif berpartisipasi aktif dalam pengawasan praktik berbangsa dan bernegara yang konstitusional dan menuju pada kesejahteraan sosial yang berkeadilan.

6. Mengajak seluruh pemilih untuk menggunakan hak pilihnya sebagai upaya mendapatkan wakil rakyat dan pemimpin bangsa yang terbaik.

7. Mengimbau anggota BKSPTIS untuk terlibat aktif dalam inisiatif pengawasan penyelenggaraan pemilu dan melakukan edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran berbangsa.

"Demikian seruan moral ini disampaikan sebagai ajakan kepada pihak-pihak terkait dan wujud rindu BKSPTIS akan kedewasaan bangsa dalam berdemokrasi," ujar Ketua Umum BKSPTIS Prof Fathul Wahid ST MSc PhD didampingi Sekretaris Umum BKSPTIS Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL di Ruang Auditorium lantai IV Gedung Rektorat UIR, Sabtu (18/11/2023).(*)