Rakernas BKSPTIS se Indonesia di UIR Usung Semangat Transformasi menuju Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia


Dibaca: 915 kali 
Kamis, 16 November 2023 - 20:07:21 WIB
Rakernas BKSPTIS se Indonesia di UIR Usung Semangat Transformasi menuju Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia Kampus UIR.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKSPTIS) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan memilih Universitas Islam Riau (UIR) sebagai tuan rumah.

Acara yang dilaksanakan pada 17 dan 18 November 2023 di Aula Rektorat UIR, Pekanbaru ini dihadiri Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 sekaligus Ketua Dewan Penasehat BKSPTIS, Dr (HC) HM Jusuf Kalla.

Kepala Humas dan Protokoler UIR Dr Harry Setyawan MIKom menyampaiksn, Rakernas yang akan dihadiri para pengurus BKSPTIS dan pengelola PTS Islam se-Indonesia ini mengusung tema “Membangun Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia”.

Pada kinerjanya, pendidikan tinggi merupakan institusi yang murni dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Di mana dalamnya menyelenggarakan proses pembelajaran guna melatih pemikiran analitis dan reflektif mahasiswa. Sehingga sejak empat tahun terakhir, dunia pendidikan tinggi terus mengalami transformasi.

Untuk menjadi perguruan tinggi yang mendunia, perguruan tinggi Islam juga dihadapkan pada pilihan dilematis.  Apakah mutu mendunia dimaknai sebagai semangat dalam mengejar tuntutan internasionalisasi demi reputasi mondial. Atau justru diartikan sebagai dorongan meningkatkan mutu internal, sehingga proses pembelajaran, riset dan pengabdian menjadi rujukkan dunia.  

Dalam memadukan kinerja PTS Islam diperlukan pendekatan lain sehingga keberlangsungan aktifitas akademis tetap berlangsung dalam kurun waktu yang panjang.

Yang perlu diinformasikan, ungkap Harry, Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan 12 yang saat ini menjabat Ketua Dewan Penasehat BKSPTIS Dr (HC) HM Jusuf Kalla akan memberikan Pidato Inspiratif dengan tema  “Seni Berbisnis Jusuf Kalla: Memadukan Spiritualitas, Profesionalitas, dan Kearifan Lokal” dan menjadi refleksi bersama bagi para pemangku kebijakan di Perguruan Tinggi Swasta Islam masing-masing.

Dalam hal ini, Jusuf Kalla akan bertindak sebagai Ketua Dewan Penasehat yang melantik langsung Pengurus BKSPTIS Masa Amanah 2023-2027.

Pemerintah hadir melalui Direktur Kelembagaan, Direktorat Jende ral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek RI Dr Lukman ST MHum turut mengambil peran dalam memberikan Pidato Inspirasi, mengusung tema “Kebijakan Pendidikan Tinggi Indonesia” akan memberikan gambaran terkait pembaharuan informasi pada sisi Strategis Kebijakan Tinggi Perguruan Tinggi di Indonesia.

Selanjutnya, rakernas akan diisi oleh kegiatan bedah buku “Peta Jalan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia” yang ditulis oleh Zaenal Muttaqin.

Hadir sebagai Pembedah yaitu Prof Dr H Mudzakkir Ali MA dan Prof Dr Ir H Musliar Kasim MS.

Buku yang merupakan hasil riset ilmiah Prof Fathul Wahid ST MSc PhD dan tim LP3ES memaparkan gambaran roadmap PTS Islam di Indonesia dan diharapkan menjadi rujukan bagi para Rektor maupun Ketua Yayasan yang menaungi PTS Islam nya masing-masing.

Sebagai tuan rumah, Provinsi Riau melalui Plt Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edy Natar Nasution SIP.

Turut memberikan dukungan dan fasilitas kepada seluruh rombongan peserta melalui jamuan makan malam di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau.

Rangkaian Rapat Kerja Nasional pun akan berisi pemaparan Kebijakan Umum dan Penjaringan Aspirasi oleh Ketua Umum dan Sekretaris Umum Prof Fathul Wahid ST MSc PhD dan Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.

Sidang komisi (Paralel) Komisi 1 bidang Akademik, Organisasi dan Kelembagaan, Komisi 2 bidang Kemahasiswaan dan Nilai-Nilai Keislaman, Komisi 3 bidang Kerja Sama, Pendanaan, dan Alumni, dan Komisi 4 bidang Perumusan Naskah Seruan Moral. Kegiatan ditutup dengan Sidang Pleno Laporan per komisi dan Pembacaan naskah seruan moral.

Terakhir, selain pengurus Harian BKSPTIS, keseluruhan kegiatan rakernas ini pun turut dihadiri Ketua Dewan Pembina BKSPTIS Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Ketua Umum BKSPTIS Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Sekretaris Umum BKSPTIS sekaligus Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dan Pimpinan Perguruan Tinggi Islam Swasta se Indonesia.(*)