Riau Raih Juara Umum Porwil Sumatera XI, 6 Mahasiswa Unilak Ikut Sumbang Medali


Dibaca: 573 kali 
Rabu, 15 November 2023 - 12:15:05 WIB
Riau Raih Juara Umum Porwil Sumatera XI, 6 Mahasiswa Unilak Ikut Sumbang Medali Riau Raih Juara Umum Porwil Sumatera XI, 6 Mahasiswa Unilak Ikut Sumbang Medali.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI di Provinsi Riau telah selesai diselenggarakan dan telah ditutup pada Senin (14/11/2023).  

Pada event ini, Riau sukses menjadi juara umum. Porwil XI Sumatera merupakan ajang seleksi untuk mengikuti PON ke-21 pada tahun 2024 di Provinsi Aceh dan provinsi Sumatra Utara. Selain sebagai ajang yang mengukir prestasi, momen ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi dan keakraban para Insan olahraga se Sumatera. 

Diantara keberhasilan Riau meraih juara umum, mahasisa Unilak ternyata iktu menjadi pahlawna dan mengharumkan nama nama Riau. Beberapa mahasiswa Unilak bahkan ikut menjadi peraih medali pada cabor cabor andalan Riau, seperti renang, sepak takraw dan lain-lain.

Sebantak 6 mahasiswa Unilak ikut menyumbang medali mereka adalah; Ananta Dwi Anjelina untuk cabor bola tangan putri raih medali emas yang merupakan mahasiswa Prodi PG PAUD Fadiksi, Nurul Aini Nabila dan Wan Anisa dari Sepak Takraw Putri medali emas, dan Kristian Natanael Simangunsong dari Fasilkom Unilak  untuk cabor E-sport, Dion Pramudana medali 2 emas, 1 perungggu untuk sepak takraw dan Diva Anggraini meraih cabor renang.

Diva anggraini mampu meraih 5 medali dengan rincian, 1 perak 4x100 estafet bebas, 1 perunggu 400 gaya ganti, 1 perunggu 200 gaya ganti, 1 perunggu 200 gaya dada, 1 perunggu 100 gaya punggung. 

Selain mahasiswa, ternyata dua alumni Unilak juga menyumbangkan medali atas nama Rizanov cabang sepak takraw, dan Vannesa Evvato cabor renang.

Sementara itu, Rektor Unilak Prof Junaidi mengaku bangga atas pencapain mahasiswa Unilak yang mampu meraih medali untuk mengharumkan nama Riau di Porwil. Mereka adalah pahlawan olahraga Riau, perjuangan mereka patut ditiru dan diapresiasi.

"Selain 6 mahasiswa tadi mahasiswa banyak mahasiswa Unilak yang ikut ambil bagian dalam Porwil Riau. Kami menghimbau kepada mahasiswa Unilak yang ikut membela Riau di Porwil dan meraih prestasi untuk dapat menyampaikan ke Unilak atau ke Fakultas, kita akan data dan terus dilakukan pembinaan dan koordinasi di tingkat Universitas. Selamat Untuk mahasiswa Unilak semoga ini bisa menjadi lompatan prestasi di kompetisi yang lebih tinggi, terlebih mereka pada saat PON 2024 di Aceh dan Sumut," sebut Prof Junaidi.

Apresiasi bagi mahasiswa Unilak juga disampaikan oleh Wakil Rektor III Unilak bidang kemahsisswa dan kerjasama, Dr Bagio Kadaryanto SH MH mengatakan, dengan raihan prestasi ini maka makin membuktikan Unilak adalah kampus berprestasi, mahasiswanya penuh prestasi, usai dari Porwil Sumtra, beberapa mahasiswa Unilak telah berangkan ke POMNAS 2023 di Kalimantan untuk membela Riau, mari kita doakan mereka meraih medali dan harum nama Riau di pentas nasional.

Untuk diketahui, Provinsi Riau berhasil memperoleh juara umum. Dengan perolehan 41 medali emas, 21 medali perak, dan 33 medali perunggu. Pada posisi kedua diraih oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memperoleh dengan meraih 31 medali emas, 21 medali perak dan 28 medali perunggu. 

Sebagai informasi, sejumlah cabor dari Riau yang sukses meraih medali dan menjadi juara umum di antaranya, cabor renang 23 emas, 5 perak 9 perunggu. Kemudian barongsai, 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Sepak takraw, 7 emas, 1 perunggu, atletik 4 emas, 4 perak 9 perunggu. Wushu 1 emas, 2 perak 4 perunggu, bola tangan 1 emas 1 perunggu. Catur 1 emas 3 perak 5 perunggu. E-sport 1 perak dan 3 perunggu.(*)