PHR bersama Pemkab Kampar Bangun Bangkinang Riverside, Pusat UMKM dan Wisata Andalan


Dibaca: 398 kali 
Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:05:00 WIB
PHR bersama Pemkab Kampar Bangun Bangkinang Riverside, Pusat UMKM dan Wisata Andalan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Pemkab Kampar melakukan groundbreaking Sentra UMKam di Kawasan Bangkinang Reverside, Kampar, Selasa (31/10/2023).

Kampar, Hariantimes.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar melakukan groundbreaking atau pembangunan tahap awal Sentra UMKM di Kawasan Bangkinang Riverside, Kampar.

Fasilitas yang dibangun ini nantinya akan menjadi pusat sentra untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan berpotensi menjadi destinasi wisata andalan di Kampar.

Groundbreaking dilakukan di lokasi Bangkinang Riverside, yakni di lahan yang berada di antara dua jembatan Water Front City (WFC) yang menghubungkan Kecamatan Bangkinang Kota dan Kecamatan Bangkinang, Kampar, Selasa (31/10/2023).

Peletakan batu pertama sebagai penanda awal pembangunan dilakukan oleh Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, didampingi oleh Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto, Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Wilayah Sumatera Bagian Utara (SKK Migas Sumbagut) Rikky Rahmat Firdaus dan Bupati Kampar Periode 2001-2004 dan 2011-2016 Jefry Noer.

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus menyampaikan apresiasi kepada PHR atas kontribusi pembangunan awal Sentra UMKM Bangkinang Riverside. Dia mengatakan, rencana pembangunan ini merupakan cita-cita lama yang baru terealisasi.

"Terima kasih kepada PT PHR. Ini merupakan cita-cita lama yang belum terwujud dan ke depan insyaAllah bisa kita wujudkan. Mudah-mudahan dengan PHR melakukan groundbreaking bisa menambah minat banyak perusahaan lainnya untuk berkontribusi, jangan berhenti sampai di sini," kata Firdaus.

Firdaus berharap, pembangunan Sentra UMKM Bangkinang Riverside ini bisa menjadi kawasan yang berdampak pada peningkatan ekonomi UMKM dan masyarakat Kampar. "Dan tentunya bisa menjadi pusat wisata, olahraga dan belajar. Nanti akan kita pasang wifi (jaringan internet) untuk mempermudah akses masyarakat," katanya.

"Ini bisa jadi spot masyarakat Bangkinang untuk bermain dan berekreasi di sini. Dan harapan kami, apa yang dibangun ini nantinya bisa dijaga dan dipelihara bersama," imbuhnya.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, pembangunan Sentra UMKM Kawasan Bangkinang Riverside ini merupakan inisiatif baik dari Pemerintah Kabupaten Kampar. "Karena pemerintah memikirkan sampai sedetail ini untuk mengembangkan spot yang ada sejak lama dan kita mulai geraknya hari ini," katanya.

Dia berharap, fasilitas yang dibangun ini nantinya bisa berdampak pada pengembangan UMKM, yang berujung pada peningkatan perekonomian, kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Kampar.

"Kita berharap akan muncul peningkatan fasilitas di sini, seperti infrastruktur pendukukng untuk UMKM dan peningkatan jumlah UMKM yang ada, serta menjadi promosi kesadaran lingkungan dan pariwisata masyarakat Kampar," katanya.

Dalam program pengembangan sentra UMKM ini, lanjut Rudi, PHR melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau, terutama untuk pengembangan desa wisata dan UMKM di Kampar. Dia mengatakan, pengembangan Sentra UMKM Kawasan Bangkinang Riverside ini juga bukan kali pertama digarap PHR. Untuk itu, dia berharap, pembangunan fasilitas di Bangkinang ini bisa berjalan lancar dan berdampak positif untuk masyarakat.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada masyarakat Kampar yang terus mendukung keberadaan PHR di Wilayah Kerja Rokan, khususnya di wilayah Kampar, sehingga kami bisa melakukan kegiatan operasional yang aman, selamat dan lancar," katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus juga menyampaikan apresiasinya terhadap PHR yang berkenan menjadi pioneer dalam pembangunan Bangkinang Riverside ini. Dia juga berharap, perusahaan migas lain yang ada di wilayah Kampar bisa segera andil untuk berkontribusi dalam pembangunan fasilitas ini.

"Semoga pembangunan ini bisa mempercantik Kampar serta mendukung peningkatan perekonomian di Kampar. Dan harapan kami Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lain yang ada di Kabupaten Kampar bisa berkolaborasi untuk pembangunan Bangkinang Riverside ini sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat dalam upaya menumbuhkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.(*)