Rakernas III Dewan Pendidikan Diikuti 16 Provinsi dan 12 Kabupaten/Kota se Indonesia


Dibaca: 668 kali 
Selasa, 26 September 2023 - 16:19:40 WIB
Rakernas III Dewan Pendidikan Diikuti 16 Provinsi dan 12 Kabupaten/Kota se Indonesia Rakernas III Dewan Pendidikan se Indonesia digelar dan dibuka oleh Gubri diwakili Kadisdik Riau DR H Kamsol di Hotel Jatra, Pekanbaru, Selasa (22/09/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Dewan Pendidikan se Indonesia yang diikuti 16 provinsi dan 12 kabupaten/kota se Indonesia resmi digelar dan dibuka oleh Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Riau DR H Kamsol di Hotel Jatra, Pekanbaru, Selasa (22/09/2023).

Rakernas ini juga dihadiri berbagai kelembagaan pendidikan se Riau seperti Dinas Pendidikan kab/kota, Dewan Pendidikan se Riau, Kacad Disdik se Riau, komite sekolah dan puluhan kepala sekolah negeri dan swasta.

Kegiatan ini akan mengupas eksistensi Dewan Pendidikan Nasional, Provinsi, Kabupaten, hingga persoalan-persoalan terkini pendidikan tanah air. Acara mulai 22 hingga 24 September di Pekanbaru dan Siak.

Sebanyak 120 pakar pendidikan, pemerhati, hingga praktisi perndidikan bertemu dan saling memberikan masukan terbaik. Antara lain dari Dewan Pendidikan NTB, Kalimantan Timur (Kaltim), Yogyakarta, Jabar, Banjarmasin, Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Barat (Sumbar), Kutai Timur, Kalimantan Utara (Kaltara), Bangka Belitung (Babel), Sulawesi Utara (Sultra), Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Banten.    

Ketua Dewan Pendidikan Riau Prof Dr Junaidi mengatakan, Rakernas ini merupakan kegiatan ke-3 kalinya yang pernah dilaksanakan. Sebelumnya digelar di Provinsi Babel dan Nusa Tenggara Barat (NTB(.

“Kita mengharapkan adanya keputusan penting untuk mendukung dunia pendidikan di tanah air. Banyak masalah yang kini muncul. Lalu Dewan Pendidikan sebagai lembaga strategis yang dapat menghubungkan orangtua dan satuan pendidikan. Kita bersyukur, Provinsi Riau dipilih oleh Dewan Pendidikan se-Indonesia untuk dijadikan tempat untuk membuat keputusan-keputusan itu,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Kadis Pendidikan Provinsi Riau Kamsol menyampaikan program pendidikan yang dilakukan Pemprov Riau selama ini.

“Pemprov Riau sudah banyak membuat kebijakan strategis. Misalnya pendidikan Vokasi, Pendidikan luar sekolah, penyaluran BOS Daerah,” ujar Kamsol sembari menjelaskan, kini Pemprov Riau sedang fokus untuk pengusulan dan pengangkatan PPPK.

“Sudah ada 6.000 lebih yang lulus. Semoga 2023 hanya tingga beberapa ratus orang saja yang masih tersisa. Itupun akibat kekurangan jam mengajar,” katanya.

Ketua Pelaksana Rakernas III Riau, H Fithriady Syam menyebutkan, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Dia menyebut, kehadiran 16 DP se-Indonesia ini menjadi momentum penting.

‘’Kita mendapatkan respon yang banyak. Beberapa pengurus provinsi cukup merata hadir baik dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi,’’ sebutnya.

Rangkan Rakernas III di Riau ini juga mengikuti beberapa agenda seperti Seminar Nasional tentang Pendidikan Indonesia dan anjangsana ke Siak Sriindrapura. Mereka dikenalkan dengan sejarah dan edukasi kearifan lokal yang dijalankan Pemkab Siak selama ini.(*)