Diskominfotiks Rohil Lakukan Instalasi Massal Sistem Support TTE Sikoncang


Dibaca: 956 kali 
Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:11:48 WIB
Diskominfotiks Rohil Lakukan Instalasi Massal Sistem Support TTE Sikoncang Dinas Kominfotiks Rokan Hilir (Rohil) melakukan instalasi massal bagi operator desa se Rohil di Balai Desa Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako, Kamis (11/05/ 2023).

Rohil, Hariantimes.com - Sebagai lanjutan bagi percepatan pemanfaatan layanan Mandiri Sikoncang di pedesaan, Dinas Kominfotiks Rokan Hilir (Rohil) melakukan instalasi massal bagi operator desa se Rohil di Balai Desa Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako, Kamis (11/05/ 2023).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar pihak desa dapat lebih proaktif menyerap seluruh metode digital demi bekerjanya layanan mandiri.

Kadis Kominfotiks Indra Gunawan, SE, MH mengatakan, aplikasi Sikoncang telah melalui proses uji kesesuaian sistem dari Balai Sertifikasi dan Registrasi Elektronik Kementerian Kominfo.

"Kami melanjutkan untuk perekaman kepala desa. Dan saya bersama tim melaksanakan instalasi massal aplikasi Panther sebagai sistem pendukung tandatangan elektronik penghulu se Rokan Hilir yang merupakan lanjutan dari perekaman tandatangan kepala desa beberapa hari lalu. Kami semua bekerja secara marathon. Dan alhamdulillah selesai instalasi. Bagi desa yang masih belum memahami praktek tata cara penandatanganan dapat berkunjung ke kantor Dinas Kominfo Rokan Hilir setiap hari kerja," kata Kadis Kominfotiks sembari meminta para pihak tidak berandai-andai terhadap pemanfaatan layanan Mandiri Sikoncang.

"Merubah pola dan mainset dari metode konvensional menjadi digital bukan semudah yang dibayangkan, banyak proses yang harus diuji dan dilalui, dan semuanya tetap berjalan secara paralel," katanya.

Senin depan, lanjut Indra lagi, dirinya bersama Kadis Kependudukan Rohil akan mengunjugi Direktorat Dukcapil Kementerian Dalam Negeri agar database warga desa se Kabupaten Rohil dapat diakses oleh Sikoncang.

"Karena ini program Pak Bupati Rokan Hilir sebagai perwujudan SDM desa berbasis digital, maka untuk memudahkan masyakarat desa agar tidak jauh jauh berurusan ke ibukota kabupaten. Dan kami Dinas Kominfotiks akan terus berupaya maksimal demi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik mulai dari tingkat OPD, Kecamatan, hingga desa," katanya.(Advetorial)