Bupati Rohil Resmikan Pilot Zero Project Smartcity di Bagansiapiapi


Dibaca: 550 kali 
Rabu, 03 Mei 2023 - 16:57:01 WIB
Bupati Rohil Resmikan Pilot Zero Project Smartcity di Bagansiapiapi Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP meresmikan Smartcity di Bagansiapiapi tepatnya di depan kantor sekretariat Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jalan Merdeka Bagansiapi-api, Selasa (02/05/2023).

Rohil, Hariantimes.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP meresmikan Smartcity di Bagansiapiapi tepatnya di depan kantor sekretariat Pemberdayaan dan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jalan Merdeka Bagansiapi-api, Selasa (02/05/2023).

Saat peresmian, Bupati didampingi Wakil Bupati (Wabup) H Sulaiman SS MH, Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan SE serta rombongan Manejer PT PLN Kota Pekanbaru.

Saat diwawancara, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan beberapa item dan fungsi pengawasan Pilot Zero Project Smartcity dipasang diperempatan Jalan Merdeka. Kegunaannya untuk pengawasan dan meningkatkan pelayanan publik, juga untuk pantauan pengguna jalan.

“Alhamdulillah, kami Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga berterima kasih kepada pihak PT PLN yang telah bekerjasama dengan Pemkab Rohil dalam menciptakan Project Smartcity. Tentunya kami pemerintah sangat bangga sekali, juga memberikan apresiasi. Karena ini yang pertama sekali Pilot Zero Project Smartcity diciptakan di Kota Bagansiapiapi. Karena Smartcity ini sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik,' papar Bupati.

Selain itu, sebut Bupati, pemerintah daerah juga terus bekerjasama dalam hal ini akan mengembangkan dan meningkat Project Smartcity ini dengan melakukan pembenahan di berbagai daerah di Kabupaten Rokan Hilir.

Sementara itu, Kadis Kominfotiks Rokan Hilir Indra SE juga memberikan apresiasi kepada PT PLN Pekanbaru.

"Alhamdulillah, Project Smartcity ini telah hadir di Kota Bagansiapiapi. Semoga kedepannya terjaga dengan baik dan  membawa perubahan dan juga meningkatkan pelayanan publik," katanya.

Sebelum peresmian, Kadis Kominfo Rohil meninjau lokasi Pilot Zero Project Smartcity di depan gedung Dekranasda Rohil di Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Sabtu (29/04/2023).

“Zero point smartcity ini merupakan program dari Bapak Bupati kita, Afrizal Sintong agar kota Bagansiapiapi dapat meningkatkan pelayanan publik di bidang digitalisasi, terutama pengawasan kenyamanan masyarakat dan menjadi bagian dari salah satu kota cerdas di Indonesia,” ujar Indra Gunawan SE.

Peresmian zero point smartcity ini, sebut Indra Gunawan, merupakan kerjasama Pemkab Rokan Hilir bersama PLN Icon Plus Indonesia. Dimana pihak Icon Plus mendukung secara penuh dengan melakukan penanaman tiang lengkap serta 3 unit CCTV beresolusi tinggi.

"Untuk pemasangan tiang dan CCTV ini tanpa menggunakan dana APBD Rohil. Perangkat tiang, 3 unit CCTV dan bandwith internet murni dari pihak icon tanpa dana APBD kita. Kita berharap kejayaan Bagansiapiapi tempo dulu dapat terulang kembali di zaman digitalisasi ini, tentunya dengan pola i di Rokan Hilir khususnya Kota Bagansiapiapi dapat lebih ditingkatkan dengan penambahan titik baru CCTV ini,” harapnya.

Dikatakan Indra lagi, kota cerdas atau smartcity adalah sebutan untuk kota yg sudah menerapkan metode digital dalam pelayanan bagi masyarakat. Bukan berarti masyarakatnya sdh cerdas, tapi secara perlahan pasti nantinya masyarakat akan jadi lebih smart dan memahami konsep dari smart city.

“Kalau dijalan raya berkendara mungkin akan lebih bijak. Jika ada tabrak lari dan kejadian lainnya bisa segera kita tau, sehingga tindak kriminal juga bisa ditekan kedepannya,” jelas Indra.(Advetorial)