DMDI Riau Ikuti Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan Jawa Tengah


Dibaca: 876 kali 
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 16:18:48 WIB
DMDI Riau Ikuti Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan Jawa Tengah Sekum DMDI Riau Drs Taslim MA mewakili DMDI Riau di Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan Jawa Tengah.

PEKANBARU, Hariantimes.com - Perwakilan pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau mendapat undangan kehormatan mengikuti pertemuan Ulama Sufi Internasional di Pekalongan Jawa Tengah yang akan berlangsung tanggal 28-30 Agustus 2023.

"Kami mewakili DMDI Riau mengikuti pertemuan ulama Sufi Internasional. Tentu ini sebuah kebanggaan bagi kami, karena organisasi DMDI ini merupakan organisasi yang menyatukan puak melayu dunia," ujar Sekretaris DMDI Riau, Drs Taslim MA di sela-sela keberangkatannya di Bandara SSK  II Pekanbaru, Sabtu (26/8/2023).

Ia menyebutkan, peserta yang mengikuti pertemuan ini nantinya dari  seluruh  dunia, sebanyak 174 Negara. Juga diikuti oleh  para  Idharoh Aliyah Jam’iyyah Ahli Thoriqoh al Mu’tabaroh seluruh kawasan di Nusantara, termasuk dari Riau.

Taslim menyebutkan, di mana tujuan pertemuan Muktamar Sufi Internasional  tiga tahunan ini, adalah dalam rangka upaya menciptakan serta  mempertahankan dan untuk perdamaian Dunia.

"Nantinya acara ini akan dibuka oleh Presiden RI Jokowi, akan membahas persoalan-persoalan yang terjadi saat ini. Di antaranya masalah keumatan, persoalan Idaroh, dan rekomendasi Ulama Sufi Dunia," ujarnya.

Taslim menyebutkan, dirinya akan berangkat bersama Dr Ahmad Ghozali,
MSi sebagai peserta. Pihaknya mengharapkan semoga pertemuan Ulama Sufi Dunia yang diselenggarakan di Jawa Tengah ini, akan membuahkan hasil yang sangat bermanfaat untuk kepentingan Dunia Melayu Dunia Islam.

Sedangkan Taslim sendiri, disela-sela kesibukannya  mengatur undangan pelantikan DMDI Riau yang akan berlangsung pada tanggal 4 September 2023 yang akan datang, juga menyempatkan berbincang dengan  wartawan dan pihaknya mengajak untuk mengambil pelajaran dari organisasi besar ini.

"Karena semua saling terkait pada dua pertemuan besar yang akan berlangsung, semoga sukses dan penuh kekeluargaan," harapnya.

Sementara itu, H Timo Kipda SH Ketua Panitia Pelantikan DMDI Riau juga menyebutkan, dalam pertemuan Muktamar Sufi Internasional ini ada kaitannya dengan DMDI. Di manan nantinya pelantikan pengurus DMDI Riau yang akan berlangsung  4 September 2023 di Gedung Dang Merdu BRK Syariah Jalan Sudirman Pekanbaru bakal dihadir tamu undangan dari lima negara.

"Ya, sampai saat ini yang sudah mengkonfirmasi kedatangannya adalah Negara Timur Leste, Malaysia, Singapora, Patani Thailand dan Brunai Darussalam, DMDI Kabupaten dan Kota. Juga dihadiri langsung oleh Presiden DMDI  TYT TUN SERI Dr H Mohammad bin Ali Rustam," ujarnya.(don)