Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri 2023 Salurkan dan Tanam 2.600 Bibit Pohon di Desa Bangun Sari


Dibaca: 1462 kali 
Ahad, 13 Agustus 2023 - 17:43:57 WIB
Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri 2023 Salurkan dan Tanam 2.600 Bibit Pohon di Desa Bangun Sari Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri tahun 2023 menyalurkan dan menanam 2.600 bibit di Desa Bangun Sari Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, Sabtu (13/08/2023).

Kampar, Hariantimes.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Membangun Kampung Universitas Riau (Unri) tahun 2023 bekerjasama dengan Desa Bangun Sari dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unri menyalurkan dan menanam 2.600 bibit di Desa Bangun Sari Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, Sabtu (13/08/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau melalui kegiatan Kukerta Mahasiswa Unri.

Sementara bibit yang disalurkan dan ditanam itu terdiri dari berbagai jenis bibit pohon seperti Kopi (Robusta), Pulai (Alstonia Scholaris) dan Petai (Parkia Speciosa).

Bibit-bibit tersebut disediakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indragiri Rokan (BPDAS) Jalan Bakti, Marpoyan Damai Kota Pekanbaru.

Dosen Pembimbing Lapangan Kukerta Unri 2023 Desa Bangun Sari Ns Fathra Annis Nauli MKep Sp Kep J menyebutkan, program ini merupakan bagian dari komitmen dan salah satu program unggulan mahasiswa Kukerta Unri dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Bangun Sari.

Dikatakannya, program tersebut bertujuan untuk mendorong sektor pertanian, ketahanan pangan dan peningkatan kualitas lingkungan serta dapat mengurangi resiko Mitigasi bencana.

“Dengan berbagi bibit pohon ini, kita berharap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan dan keberlanjutan wilayah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator  Kukerta Unri 2023 Desa Bangun Sari Alif Reza berharap, kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat Desa Bangun Sari, baik dalam upaya pelestarian lingkungan maupun segi ekonomi.

Selain itu, program ini juga mendukung inisiatif pemerintah setempat dalam mengupayakan penghijauan lingkungan di Desa Bangun Sari dan diharapkan bisa menjadi objek wisata perkebunan serta bisa membantu masyarakat Desa Bangun Sari memenuhi kebutuhan pangan yang bisa dihasilkan dari tanaman tersebut.

"Pemerintah Desa Bangun Sari dan masyarakat setempat memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini," ujar mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2020 ini.

Melalui kegiatan ini, sambung Alif Reza, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh elemen masyarakat Desa Bangun Sari.

"Untuk itu, kami mahasiswa Kukerta Unri 2023 Desa Bangun Sari mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan pemerintah setempat. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan program unggulan seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif dan berguna bagi seluruh masyarakat dan lingkungan di daerah setempat," ujar Alif Reza.(*)