Rp4,5 Miliar Pokir Di Disparbudpora Bengkalis Dikendalikan Dewan


Dibaca: 3761 kali 
Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:49:12 WIB
Rp4,5 Miliar Pokir Di Disparbudpora Bengkalis Dikendalikan Dewan Melalui edaran, rekap pekerjaan pengadaan barang/jasa/kontruksi/konsultansi pada Disparbudpora Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023.

BENGKALIS, Hariantimes.com — Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 sudah mulai berjalan. Sejumlah aspirasi anggota DPRD Bengkalis pun diakomodir dan terencana melalui Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Dewan.

Kondisi ini tentu saja, mendapat apresiasi dari masyarakat dan khususnya dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) DPD Tim Operasi Penyelamat Aset Negara (TOPAN) RI Isnadi, Kamis (3/8/2023).

Isnadi menyatakan, terimakasih atas usaha-usaha wakil rakyat, yang telah mengusulkan aspirasi masyarakat melalui Pokir Dewan.

Ia juga mengaku mendapatkan edaran sejumlah pokir dewan disekumlah organisasi perangkat daerah  (OPD). Salah satunya OPD Dinas Pariwisata, Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis.

Melalui informasi yang didapatkan melalui edaran, rekap pekerjaan pengadaan barang/jasa/kontruksi/konsultansi pada Disparbudpora Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023. Usulan-usulan Pokir itu tertera jelas pengusulnya, ada sejumlah nama anggota DPRD Bengkalis lintas komisi, yang tertera nama di sejumlah bidang, mulai pariwisata, kepemudaan dan olahraga.

“Kita sangat apresiasi adanya pokok-pokok pikiran wakil rakyat kita. Namun, perlu kita tegaskan, sebagai pengusul hanya sebatas mengusulkan. Namun, tidak harus ada intervensi dan bermain-main dengan Pokir tersebut. Karena sudah banyak peristiwa-peristiwa korupsi terjadi akibat Pokir ini,” ujar Isnadi.

Isnadi menegaskan, sejumlah nama pokir dewan yang beredar di antaranya merupakan wakil rakyat aktif. Artinya, semua wakil rakyat telah berusaha untuk menampung aspirasi dari masyarakat, sesuai tupoksinya, memiliki hak bugeting (anggaran), sosial kontrol dan legislasi.

“Sekitar 68 usulan dari legislatif, anggaran mencapai Rp4,5 miliar, tentu ini merupakan niat baik dari wakil rakyat di DPRD Bengkalis. Hanya saja kami tetap mengingatkan, agar sebagai pengusul tidak harus melakukan intervensi terhadap pokir tersebut. Jika memang benar kondisinya adanya Pokir, maka wakil rakyat bisa mengawasinya sesuai Tupoksi,” ujarnya.

Sementara itu, media ini yang berusaha mengkonfirmasi atas rekap yang Pokir yang beredar. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, S.Pd, M.Pd melalui Sekretaris Disparbudpora Kabupaten Bengkalis Reza Noverindra, S.STP, Kamis (3/8/2023) tidak mengetahui hal itu.

Menurut Reza, pihaknya akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu terkait hal ini. “Maaf bang, saya konfirmasi dulu ya atas kebenaran rekap yang beredar,”ujarnya singkat.(don)