126 Siswa Terima Kartu Pelajar MAN 4 Pekanbaru


Dibaca: 702 kali 
Senin, 17 Juli 2023 - 15:13:07 WIB
126 Siswa Terima Kartu Pelajar MAN 4 Pekanbaru Ratusan pelajar MAN 4 Pekanbaru menerima kartu pelajar di Halaman MAN 4 Pekanbaru, Senin (17/7)2923).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Mengawali kegiatan pembelajaran pada TP 2023/2024, MAN 4 Kota Pekanbaru  menggelar upacara bendera, sekaligus penutupan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun 2023 di halaman MAN 4 Pekanbaru, pada Senin (17/7/2023).

Penyerahan Student Card TP 2023/2024, dan performance siswa baru Kelas X, keluaran terbaik program English Bootcamp dan Finding Talent, yang telah dimulai sejak 2 Juli 2023, untuk seluruh siswa baru di MAN 4 Pekanbaru  yang alamatkan di Jalan Yos Sudarso Km 15 Rumbai Barat, Pekanbaru.

Wakil Kepala MAN 4, Zendri Hendri MPd didampingi Pembina Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Aprianto SPd menjelaskan, bahwa 119 dari 126 siswa dinyatakan resmi sebagai siswa kelas X di MAN 4 Kota Pekanbaru, dan dapat diserahkan kartu pelajarnya secara simbolik pada kegiatan upacara perdana awal tahun pelajaran ini.

Sedang 7 siswa lainnya, dikarenakan terdapat catatan absensi kehadiran dan belum tercapainya standar minimal pada reviu 3 kegiatan yang difasilitasi madrasah untuk siswa baru, yakni  kegiatan matrikulasi English bootcamp yang berlangsung 2-12 Juli 2023, Finding talent 2  dan 5 Juli 2023, serta Matsama sejak 13 Juli 2023 lalu, maka wajib terlebih dahulu mengikuti program additional treatment, mulai Senin sampai dengan Rabu (17-19 Juli 2023).

"Meskipun secara seremonialisasi kegiatan matsama ditutup pada hari ini (Senin), di Jum'at pagi (21/7/2023) bersempenakan perayaan 1 Muharam 1445 H, para siswa kelas X ini akan menyelenggarakan Muqoddaman, setelah mengkhatamkan 30 juz Al Qur'an yang dilakukan di sela aktifitas pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini. Sembari juga nantinya akan dilakukan penyerahterimaan 126 buku biografi tokoh inspirasi sebagai bahan koleksi bacaan inspiratif tambahan di perpustakaan MAN 4 Kota Pekanbaru dari Bidang Kesiswaan kepada Kepala Perpustakaan H Awaloeddin Library," ujar Zendri lagi.

Cholid MA Wakil Kepala Bidang Kurikulum, menginformasikan juga, bahwa ke-126 siswa baru ini dibagi kedalam 4 kelas rombongan belajar, dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. "Adapun kelasnya adalah kelas international program, research program, kelas moderasi beragama dan kelas cekatan".

Agus Salim Tanjung MA Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru juga menyampaikan,.agar tema Matsama "Generasi Juara", yang ditutup pelaksanaannya pada hari tersebut, dapat membangun mentalitas sebangunnya jiwa kompetisi dan kolaborasi siswa beralaskan aqidah ahlussunah waljama'ah, dalam proses pendidikan para siswa di MAN 4 Kota Pekanbaru.

" Kepada 126 siswa baru kelas X, kami para dewan guru dan tenaga kependidikan, serta para abang-kakak kelasnya mengucapkan : Selamat Datang Generasi Juara," ujar Agus bersemangat, yang disambut gemuruh tepuk tangan peserta upacara bendera pagi.

Dalam upacara tersebut, peserta Matsama atasnama Muhammad Naufal Pagliuca alumni SMP IT Al Fattah didapuk menjadi penerima Kartu Pelajar secara simbolis dari Kepala Madrasah, dan Diva Yuliarman alumni SMP IT Al Hikmah Kandis sebagai siswa penerima kartu perpustakaan H. Awaloeddin Library MAN 4 Kota Pekanbaru.

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan masing-masing kelompok matsama, tukar kado keakraban antar peserta matsama, pengumuman peserta terbaik dari kegiatan Matsama dan penampilan para siswa terbaik program english bootcamp.

Untuk peserta putra terbaik Matsama disematkan kepada Abid Alghifari alumni SMP IT Imam An-Nawawi Pekanbaru, sedangkan peserta putri terbaik Matsama-nya adalah 
Zahratul Aulia Ramadani alumni Mts Hasanah Pekanbaru. Zahra sapaan akrab siswi ini sampaikan bahwa kegiatan yang telah diikutinya sejak masuk Ma'had Salimah Negarawan MAN 4 Kota Pekanbaru pada 1 Juli 2013 lalu, mendorong dirinya untuk berprestasi selama menjadi siswa di Madrasah ini. "Benar-benar menginspirasi agar saya dan teman-teman jadi generasi bermentalkan juara".

Terakhir, 5 siswa terbaik dalam program english bootcamp perfom yakni Riva Fitriani alumni MTsN 2 Pekanbaru membawakan lagu "Loneliness", kemudian lagu "Somebody Pleasure" dibawakan oleh Ahmad Ritchy Maulana alumni MTs Darul Muqomah, Story telling "Si Lancang" oleh Jesica Amaliyah Alumni MtsN 2 Pekanbaru, story telling "Kingdom" yang dibawakan alumni SMP IT Al Fattah Dendi Septria Yuniar, dan pidato full english oleh Nabila Nur Husna, peserta english bootcamp dari Ma'had Salimah Negarawan MAN 4 Pekanbaru. (*)