Kejahatan Korupsi Merajalela, Forwama Gelar Seminar Hukum di Ruang Teater Mahkamah Agung


Dibaca: 962 kali 
Rabu, 12 Juli 2023 - 19:23:50 WIB
Kejahatan Korupsi Merajalela, Forwama Gelar Seminar Hukum di Ruang Teater Mahkamah Agung Forwama Gelar Seminar Hukum di Ruang Teater Mahkamah Agung.

Jakarta, Hariantimes.com - Kejahatan korupsi semakin merajalela. Semakin menjamurnya praktik korupsi, maka semakin besar pula kerugian negara.

Bahkan perkara pidana khusus ini pun semakin menarik perhatian banyak kalangan. Dan ini penting untuk disoroti, mana yang layak dan dianggap kredibel dalam menghitung kerugian negara. Mengingat kerugian negara bisa saja terjadi oleh karena sejumlah faktor lain.

Apalagi kini tindak pidana korupsi ini dapat dilakukan dengan berbagai modus, didukung dengan semakin canggihnya teknologi.

Berangkat dari hal ini, Forum Wartawan Mahkamah Agung (Forwama) menggelar seminar hukum guna mencari solusi dan rumusan proses hukum agar perkara ini ketika sampai di ranah hukum memiliki rambu-rambu yang jelas.

Tidak tanggung-tanggung, para pembicara yang akan tampil merupakan pakar hukum dibidangnya. Setidaknya dua pakar hukum yang akan menyajikan materi yang kini tengah ramai menjadi sorotan publik.

Mereka adalah mantan Ketua Muda Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Prof Dr Supandi SH MH dan Pakar Tindak Pidana Pencucian Uang Dr Yenti Garnasih SH MH.

Adapun tema diberikan terhadap seminar hukum ini adalah: “Kerugian Perekonomian Negara pada Undang-undang Tindak Pidana Korupsi”

Kegiatan sedianya akan dilangsungkan pada Jumat (04/07/2023) pada pukul 15.00 WIB di Ruang Teater Mahkamah Agung.

Menurut Ketua Forwama Emil F Simatupang, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang akan diikuti kegiatan seminar maupun aksi lainnya di waktu mendatang.

"Ini merupakan langkah awal bagi Forwama untuk diikuti dengan kegiatan selanjutnya yang lebih spektakuler lagi," tandas Emil Simatupang.

Kegiatan ini juga merupakan kerja sama dengan Mahkamah Agung  melalui Kepala Biro Hukum dan Humas MA Dr Sobandi SH MH.

Ketua MA Prof Dr Syarifuddin SH MH akan membuka serta menyampaikan Keynote Speaker. Juga dijadwalkan akan dihadiri Ketua MA ke-13 masa jabatan 2012-2020 Prof Dr H Hatta Ali SH MH atau yang dijuluki Sang Maestro, serta akan dihadiri sejumlah Hakim Agung, pakar hukum dan akademisi.(*)