Resmikan Lapangan Tembak Bhara Daksa, Irjen Iqbal: Kita Ingin Faktor-Faktor Pencegahan Lebih Dominan


Dibaca: 773 kali 
Kamis, 15 Juni 2023 - 20:33:12 WIB
Resmikan Lapangan Tembak Bhara Daksa, Irjen Iqbal: Kita Ingin Faktor-Faktor Pencegahan Lebih Dominan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH saat peresmian Lapangan Tembak Bhara Daksa Polres Meranti di Halaman Mapolres Kepulauan Meranti, Kamis (15/06/2023).

Meranti, Hariantimes.com - Institusi kepolisian harus diisi orang-orang yang luar biasa. Bukan hanya mempunyai semangat, intelektual, kecerdasan, bahkan keahlian, tapi masyarakat publik juga ingin institusi kepolisian diawaki oleh orang-orang yang tidak ada cela.

"Dengan keterbatasan yang dimiliki, diharapkan bhayangkara kepolisian bisa melewati dinamika kehidupan. Karena pengabdian terbaik seorang polisi adalah dicintai oleh masyarakat," jelas Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH saat peresmian Lapangan Tembak Bhara Daksa Polres Meranti di Halaman Mapolres Kepulauan Meranti, Kamis (15/06/2023).

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine serta penandatanganan prasasti lapangan tembak oleh Kapolda Riau dan disaksikan oleh Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar bersama Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean TG SH SIK MH. Kemudian dilanjut dengan meninjau sarana dan prasarana sekaligus mencoba langsung fasilitas yang ada di lapangan tembak tersebut.

Hadir pada peresmian tersebut, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Nindya M Iqbal, dan jajaran pejabat Polda Riau, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Khalid Ali, Kajari Kepulauan Meranti Febriyan M, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal Selatpanjang Amrizal, Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, Wakapolres Kompol Robet Arizal dan jajaran, pimpinan OPD dan undangan serta wartawan di Kabupaten Meranti.

Begitu juga dengan paradigma kepolisian yang sudah berubah, kata Kapolda, dari mengedepankan upaya penegakkan hukum menjadi upaya kooperatif yaitu preemtif dan preventif.

"Kita ingin faktor-faktor pencegahan lebih dominan dibanding faktor penegakkan hukum. Oleh karena itu, polisi modern saat ini lebih banyak turun ke lapangan, mencuri hati masyarakat dengan melakukan persembahan yang humanis di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Kapolda.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean TG SH SIK MH dalam pembukaan menyampaikan rasa bangga dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama Kapolda Riau, sekaligus meresmikan lapangan tembak Bhara Daksa Mapolres Kepulauan Meranti.

"Pada peletakan batu pertama Agustus 2022 lalu, kami sudah mendapat arahan dari bapak Kapolda Riau untuk melakukan kegiatan-kegiatan tugas pokok kepolisian, dan kami terus berbenah melakukan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Andi Yul.

Sementara itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar sangat bersyukur dapat menghadiri peresmian lapangan tembak Bhara Daksa Mapolres Kepulauan Meranti. Dan lapangan tembak itu merupakan sarana yang sangat amat penting dalam menunjang keberhasilan para personil Polri dalam menjaga keamanan di daerah.

"Ini akan mempermudah para personil untuk latihan menembak sehingga sigap dalam menggunakan senjata di berbagai situasi agar tidak ada lagi salah tembak maupun salah sasaran," katanya.

Asmar juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam proses pembangunan lapangan tembak tersebut hingga selesai pada waktunya.

"Semoga lapangan tembak ini bermanfaat bagi kita semua, sebagai salah satu sarana unggulan para personil menuju pelayanan keamanan yang lebih prima," harap Asmar.(*)