Sempena Hari Bumi, Unilak dan PLN Berkolaborasi Tanam Ratusan Pohon


Dibaca: 464 kali 
Selasa, 23 Mei 2023 - 11:45:00 WIB
Sempena Hari Bumi, Unilak dan PLN Berkolaborasi Tanam Ratusan Pohon Unilak Riau bersama PT PLN Persero UIP3B berkolaborasi melakukan penanam ratusan pohon di lahan agrowisata samping fakultas Kehutanan, Selasa (23/05/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero UIP3B berkolaborasi melakukan penanam ratusan pohon di lahan agrowisata samping fakultas Kehutanan, Selasa (23/05/2023).

Penanaman ratusan pohon yang dilakukan PLN dan Unilak ini dalam rangka peringatan hari bumi.

Hadir dalam penananam pohon ini Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS MHum, Wakil Rektor I Dr Zamzami MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH dan Dekan Fakultas Pertanian Dr Dedi Zargustin.

Sementar dari PLN Hadir Manager PT PLN UIP3B Ricky Faizal dan sejumlah pegawai

Penanam pohon diawali dengan penyerahan bibit secara simbolis dari PLN kepada Rektor Unilak. Kemudian dilanjutkan penanaman pohon durian (Durio zibethinus Murr) diawali oleh Prof Junaidi dan Ricky Faizal.

Saat itu, Rektor Unilak meletakkan pohon durian di lobang tanam yang telah disediakan. Kemudian pupuk kompos dimasukkan dan disebar ke sekeliling tananam.

Sementara Ricky Faizal menanam pohon limau manis (Citrus maxima). Yang kemudian dilanjutkan oleh jajaran Wakil Rektor, Dekan, Dosen dan pegawai PLN. 

Rektor Unilak Prof Junaidi mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah bermitra dalam penanam pohon ini.

"Kami menyambut baik. Apalagi dilakukan dalam rangka menyambut hari bumi. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melakukan penghijauan. Dan di lokasi lahan agrowisata Unilak ini telah berdiri pohon pohon beraneka ragam dan menjadi bahan peneltian dan edukasi mahasiswa," ucap Prof Junaidi.

Disebutkan Prof Junaidi, di Unilak ada Arboretum seluas 9 hektar dan keberadaanya juga menjadi pusat penelitian dan edukasi. Dalam perkembangannya mendapatkan bantuan dari PT Pertamina Hulu Rokan dan juga termasuk pengembangan danau dan taman ekoriaparian.

"Kami membuka diri bagi PLN untuk terus bekerjasama baik dalam akademik maupun program kemitraan," ucap Prof Junaidi.

Sementara itu, Ricki Faizal mengatakan, penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian PLN dan tanggung jawab bersama.

"Kami menyerahkan dan menanam sebanyak 240 pohon dengan jenis mangga, durian, limau manis, matoa, yang akan ditanam di lingkungan kampus Unilak. Semoga 240 batang pohon ini bisa berkontribusi untuk memberikan udara yang lebih baik. Ini bisa jadi dilakukan kerjasama lanjutan antara Unilak dan PT PLN, kerjasama bisa dalam akademik Prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro dan lain-lain. Saya sangat terbuka. Nantinya mahasiswa Unilak dapat praktek kerja lapangan di PT PLN UIP3B," ucap Ricki.(*)