Sempena HPN, DPMD Inhil Gelar Lomba Menyolak dan Membuat Minyak Goreng dari Kelapa


Dibaca: 721 kali 
Ahad, 21 Mei 2023 - 16:10:00 WIB
Sempena HPN, DPMD Inhil Gelar Lomba Menyolak dan Membuat Minyak Goreng dari Kelapa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar lomba menyolak dan membuat minyak goreng dari santan kelapa, Minggu (21/05/2023).

Inhil, Hariantimes.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar lomba menyolak dan membuat minyak goreng dari santan kelapa, Minggu (21/05/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di lingkungan Kantor DPMD, Jalan Pendidikan Tembilahan ini dalam rangka menyemarakkan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia.

selain untuk memeriahkan HPN, kegiatan tersebut juga bertujuan mempererat tali silaturrahmi dan sekaligus mempublikasikan aktifitas keseharian masyarakat Kabupaten Inhil yang sebagian besar menggantungkan hidupnya di bidang perkelapaan.

"Lomba seperti ini jarang dilaksanakan, makanya melalui momentum HPN kita sosialisasikan kegiatan sehari-hari masyarakat di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini," sebut Kepala DPMD Inhil H Dwi Budianto SSos MSi.

Terkait kriteria perlombaan, ungkap Dwi Budianto, para peserta yang terdiri dari masyarakat umum harus mampu mengupas kulit kelapa sebanyak 10 buah dalam waktu 3 menit dengan hasil menyolak gundul atau bersih dan tidak berjambul.

Sedangkan lomba membuat minyak goreng yang diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhil, lanjutnya, para peserta harus mampu menghasilkan minyak goreng sebanyak-banyaknya dari bahan dasar 2 kilogram (kg) santan kelapa. Selain itu, tekstur, rasa dan warna minyak goreng yang dihasilkan juga akan mempengaruhi penilaian.

"Hadiahnya, kita sediakan uang pembinaan. Untuk lomba menyolak kelapa Juara 1 Rp 500.000, Juara 2 Rp 400.000, Juara 3 Rp 300.000, Harapan 1 Rp 200.000 dan Harapan 2 Rp 100.000. Kemudian untuk lomba membuat minyak goreng perkelompok, Juara 1 Rp 700.000, Juara 2 Rp 500.000, Juara 3 Rp 300.000 dan Harapan 1 Rp 200.000," terang Dwi Budianto.

Senada dengan itu, Ketua PWI Inhil Ardiansyah Julor mengungkapkan, menyolak dan membuat minyak goreng dari santan kelapa adalah bagian dari kehidupan masyarakat serta kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Harapannya, kegiatan ini mengingatkan kita kembali bahwasanya kelapa merupakan identitas bagi masyarakat Kabupaten Inhil," kata Ardiansyah Julor.

Adapun pemenang lomba menyolak kelapa, yaitu Juara 1 Romi dari Kelurahan Pekan Arba, Juara 2 Tamsil dari Sungai Cakah, Juara 3 Ferdi Juandi dari Parit 15 Tembilahan, Harapan 1 Samsul dari Kelurahan Pekan Arba dan Harapan 2 Arif dari Suhada Tembilahan.

Sementara pemenang lomba membuat minyak goreng dari santan kelapa, yakni Juara 1 perwakilan Dinas Sosial (Dinsos), Juara perwakilan DPMD 1, Juara 3 perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Harapan 1 perwakilan DPMD 2.(*)