Ratusan Siswa MAN 4 Pekanbaru Ikuti Pelepasan Dan Perpisahan


Dibaca: 1023 kali 
Senin, 15 Mei 2023 - 20:20:52 WIB
Ratusan Siswa MAN 4 Pekanbaru Ikuti Pelepasan Dan  Perpisahan GELAR PERPISAHAN: Ratusan siswa MAN 4 Pekanbaru mengikuti pelepasan dan perpisahan siswa melalui kegiatan Haflatul Wada' Angkatan II MAN 4 Pekanbaru di Grand Ballroom Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (15/5/2023).

PEKANBARU, Hariantimes.com - Sebanyak 127 siswa MAN 4 Kota Pekanbaru resmi menjadi alumni. Ini ditandai dengan pelepasan dan perpisahan siswa melalui kegiatan Haflatul Wada' Angkatan II MAN 4 Pekanbaru di Grand Ballroom Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (15/5/2023).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pengurus Komite Madrasah, yang diketuai Aiptu Zio Al Ramos, anggota Polsek Rumbai, yang juga orang tua dari 2 pelajar di Kelas XII ini, dan didukung oleh seluruh orang tua wali pelajar Madrasah tersebut. Juga dihadiri oleh  orang tua/wali pelajar kelas XII, alumni, tokoh masyarakat, pengawas madrasah, Camat Rumbai Barat, Lurah Muara Fajar, beberapa Kepala Madrasah Negeri dilingkungan Kota Pekanbaru dan pejabat dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru, maupun Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Riau-nya.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 4 Pekanbaru, Zendri Hendri M Pd yang mengetuai kegiatan ini menjelaskan,rangkaian kegiatan ini meliputi penampilan tabuhan Kompang Tradisi Melayu dan penampilan Seni Kreasi Islam Hadroh oleh Tim Hadroh Salimah Negarawan MAN 4.

"Juga ada penampilan Pencak Silat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama MAN 4,  penampilan tari persembahan, tari Saman dan tari kreasi nusantara oleh tum ekskul seni Selendang Salim-Salimah Negarawan MAN 4. Juga pemanduan Lalaran Nadzom Aqidatu Awwam-kitab panduan dasar penguatan aqidah ahlussunnah wal 
jama’ah, wirid dan do’a bersama untuk kesuksesan Alumni dan Almamater MAN 4 Kota Pekanbaru," ujarnya.

Selanjutnya kata  Zendri, ada orasi ilmiah "As-syubban Al-musta'iddun Li khidmat Al-ummah Wa Indonesia, Generasi Siap Berkhidmat Untuk Ummat dan Indonesia dari Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru dan Pengarahan pelepasan dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau.

"Kami juga melaunching buku berjudul "Caksara dan Lukanya" kumpulan karya Antologi Pelajar Kelas XII ini, dan puncaknya adalah prosesi pengalungan medali dan penyerahan simbolisasi ijazah," ujarnya.

Dalam acara pelepasan dan perpisahan Kelas XII ini, Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru 
Agus Salim Tanjung MA juga pesan, kepada para lulusan dari 3 jurusan (IPA, IPS dan Agama), agar konsekuen bertumbuh mendutai moderasi beragama di lintas entitas pasca Madrasah, sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila dan nilai-nilai dalam profil pelajar rahmatan lil'alamin, yang telah "disemai, tanam dan pupuk" selama berstudi 3 tahun di madrasah ini.

Ia juga mengharapkan, agar 43 persen pelajar yang telah diterima di berbagai perguruan tinggi melalui jalur prestasi, untuk terus berprestasi, serta mengharapkan bagi lulusan lainnya yang sedang berjuang melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat juga melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

“Skill membuat ananda sekalian adaptif dengan perkembangan zaman. Tapi sebelum sampai pada level pengejawantahannya, ijazah formal dari suatu lembaga pendidikan adalah prasyarat awalnya," ujarnya.

Sedangkan perwakilan Kantor Wilayah Kemenag Riau Dr Ilyas MAg dan Kepala Kemenag Kota Pekanbaru Drs H Syahrul Mauludi MA mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, dan mengharapkan silaturrami antara pelajar dan orang tua wali dengan MAN 4 Kota Pekanbaru dapat terus terjaga, untuk penguatan networking para pelajar yang ada di bawahnya, hingga pada satu titik nanti dapat bertemu untuk konsolidasi ide dan kolaborasi karya.

"Ananda yang hari ini mengikuti kegiatan haflatul wada' adalah perintis awal  karya-karya besar alumni MAN 4 Kota Pekanbaru untuk Ummat dan Bangsa di masa depan. Sebangun dengan tema optimis yang diangkat pada kegiatan pelepasan angkatan II ini, As-syubban Al-musta'iddun Li khidmat Al-ummah Wa Indonesia (Generasi Siap Berkhidmat Untuk Ummat dan Indonesia). Banggalah menjadi alumni Madrasah. Banggalah pernah bersekolah di MAN 4 Kota Pekanbaru," ujar 
Syahrul Mauludi.(*)