Silaturahmi ke SMAN 4 Pekanbaru, Prof Dr Junaidi: Guru Guru Harus Kreatif


Dibaca: 370 kali 
Kamis, 11 Mei 2023 - 22:02:13 WIB
Silaturahmi ke SMAN 4 Pekanbaru, Prof Dr Junaidi: Guru Guru Harus Kreatif Rektor Unilak Riau Prof Dr Junaidi melakukan silaturahmi dengan guru-guru SMAN 4 Pekanbaru, Rabu (10/05/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Rektor Unilak Riau Prof Dr Junaidi melakukan silaturahmi dengan guru-guru SMAN 4 Pekanbaru, Rabu (10/05/2023).

Silaturahmi ini dalam rangka memberikan solusi bagi guru-guru dalam menghadapi tantangan di zaman teknologi dan mendorong guru untuk melanjutkan pendidikan S2.

"Selamat datang kami ucapkan kepada Rektor Universitas Lancang Kuning beserta rombongan. Beliau ini baru saja di kukuhkan menjadi Profesor bidang Kajian Ilmu Budaya. Beruntung sekali kami di SMA 4 ini mendapat kunjungan dari pak rektor yang juga sebagai dewan pendidikan provinsi Riau. Kesempatan ini akan kami gunakan untuk meningkatkan kompetensi guru serta sharing keadaan dan problem yang ada di sekolah kami. dengan adanya kunjungan serta kerjasama berupa MoU ini harapan kami semoga semakin banyak hal kedepannya yang bisa kita kolaborasi" ucap Kepala Sekolah Hj Yan Khoriana MPd.

Dikatakan Prof Junaidi, tantangan guru-guru saat ini semakin komplek. Berbagai perubahan teknologi telah menyasar ke ruang ruang kelas. Maka saat ini bagaimana pendidikan hari ini bisa menyesuaikan dengan teknologi, persoalan saat ini bagaimana kesiapan guru-guru dalam penggunaan teknologi.

Saat ini persoalan pemdidikan agak kompleks, beberapa contoh diantaranya guru P3K, jumlah guru yang pensiun sementara belum ada lowongan guru yang dibuka pemerintah dll. Sebagai Rektor Perguruan Tinggi dan juga di Dewan Pendidikan Riau, aspirasi guru guru ini juga diserap dan perjuangkan.

"Dalam pendidikan tantangan semakin berat, satu diantaranya kemajuan teknologi, satu diantaranya di perguruan tinggi telah dimulainnya dosen dengan kemampuan artificial inteligen.Artinya semua berubah, termasuk dalam dunia pendidikan. Maka guru guru juga harus kreatif. Dengan memnafaatkan teknologi untuk kemudahan dan pembelajaran namun tidak melupakan untuk terus mendidik anak-anak," ucap Prof Junaidi.

Dikatakan Prof Junaidi, peran guru harus mengubah perilaku, moral menjadi lebih baik, jika hanya menyampaikan materi belajar maka itu semuanya ada di google, internet. Terlebih saat ini soal perundungan/bulliying, kekerasan anak, narkoba dan lain-lain.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kerjasama Unilak dengan SMA 4 Pekanbaru, kerjasama ini merupakan bentuk dukungan untuk guru-guru SM4N Pekanbaru dan dunia pendidikan Riau dalam meningkatan penguatan kompetensi guru-guru. Sebagai informasi Unilak telah melakukan MoU lebih dari 50 sekolah di Riau baik dari jenjang SMP, SMA, SMK, hingga Pondok Pesantren. Salah saru dorongan yaitu menfasilitasi guru guru SMA 4 Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan ke Magister Pedagogi Unilak.

Turut hadir dalam MoU di SMAN 4 Pekanbaru Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama Dr Nurfaisal, Sekretaris Prodi Magister Pedagogi Dr Rauda dan Kepala Media Promosi Unilak yang juga merupakan alumni SMA 4 Pekanbaru M Revnu Ohara MKom.