Bawaslu Bengkalis Gelar Patroli Kawal Hak Pilih dan Berbagi Takjil


Dibaca: 581 kali 
Sabtu, 15 April 2023 - 10:18:10 WIB
Bawaslu Bengkalis Gelar Patroli Kawal Hak Pilih dan Berbagi Takjil PATROLI HAK PILIH: Petugas Panwaslu Kecamatan Bengkalis menggelar Patroli Kawal Hak Pilih di ruas jalan di Kota Bengkalis, Jumat (14/4/2023) sore.

BENGKALIS, Hariantimes.com - Meski di tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan 1444 H, ternyata tidak melemahkan semangat sejumlah Panwaslu Kecamatan di Bengkalis untuk melaksanakan tugas, peran maupun fungsi-fungsi pengawasan di lapangan. Buktinya, sejumlah agenda pengawasan, seperti kegiatan Patroli Kawal Hak Pilih dapat dilaksanakan dengan baik.

Seperti yang dilakukan sahabat-sahabat Panwaslu Kecamatan Bengkalis pada Jumat (14/4/2023),  mereka bersama sejumlah Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) melakukan aksi turun ke jalan dengan cara menyapa masyarakat yang melintas serta mengecek langsung warga masyarakat yang ditemui apakah sudah terdaftar dalam dafar pemilih ataupun tidak, yakni melalui aplikasi yang telah ada.  

Tidak hanya melakukan kegiatan Patroli Kawal Hak Pilih dengan cara menemui masyarakat secara langsung selama Ramadan ini, sejumlah Panwaslu kecamatan di Kabupaten Bengkalis juga ada yang melakukan kegiatan serupa dengan cara menyandingkannya dengan kegiatan berbagi takjil Ramadan, seperti yang dilakukan Panwaslu Kecamatan Rupat dan Bukit Batu. Tak ayal lagi, kegiatan ini ternyata mendapat antusiasme dan sambutan hangat dari masyarakat secara umum.

“Jumat kemarin secara serentak di beberapa titik dari 31 desa yang ada di Kecamatan Bengkalis telah dilakukan kegiatan patroli pengawasan dengan mengecek NIK warga masyarakat. Pengecekan NIK ini dilakukan secara acak terhadap warga yang melewati Posko Kawal Hak Pilih. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Bengkalis M Riduwan Fashuri, Sabtu (15/4/2023).

Berkaitan kegiatan kawal hak pilih yang dilakukan sejumlah Panwaslu kecamatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin ketika dihubungi mengaku sangat bangga. Bahkan ia turut mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan para pengawas Pemilu di tingkat kecamatan di bulan Ramadan ini.

“Kita sangat megapresiasinya, karena kegiatan Patroli Kawal Hak Pilih ini menjadi bagian penting dari kerja-kerja pengawasan yang kita lakukan, yakni bagi mendorong peran aktif masyarakat yang memiliki hak pilih agar ikut berpartisipasi memastikan apakah dirinya sudah terdata dalam daftar pemilih atau belum. Bila ternyata belum terdaftar, maka kita akan menindaklanjuti hal ini kepada para penyelenggara Pemilu,” terang Mukhlasin.

Berkaitan dengan tahapan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024 yang saat ini sedang berjalan, Mukhlasin turut mengimbau masyarakat Kabupaten Bengkalis yang telah memiliki hak pilih untuk bersama-sama memastikan tahapan ini berjalan dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan apakah setiap warga tersebut betul-betul sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum.

“Saat ini KPU telah menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan DPS tersebut sedang diumumkan di setiap desa/kelurahan oleh PPS setempat. Untuk itu pastikan dengan benar apakah nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih berdasarkan data diri dan TPS dimana kita memilih nanti. Jika ternyata ada warga yang belum terdata dalam daftar pemilih, atau ada pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat namun terdaftar sebagai pemilih, maka segera disampaikan kepada PPS setempat atau pengawas Pemilu kita yang ada di lapangan untuk ditindaklanjuti,” ajak Mukhlasin.(rls)