IZI Riau Inisiasi Program Benah Musholla di Kabupaten Miskin Ekstrim


Dibaca: 1037 kali 
Kamis, 23 Maret 2023 - 14:28:28 WIB
IZI Riau Inisiasi Program Benah Musholla di Kabupaten Miskin Ekstrim IZI Riau Inisiasi Program Benah Musholla di Kabupaten Miskin Ekstrim.

Meranti, Hariantimes.com - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau menginisiasi program Benah Musholla di Musholla Nurul Huda Desa Sungai Tengah, Musholla Nurul Desa Meranti Bunting Kecamatan Merbau dan Musholla Al-Ikhlas Desa Kudap Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Program Benah Musholla ini dilaksanakan mulai dari hari Minggu (19/03/2023) sampai Rabu (22/03/2023).

Pada program tersebut, ketiga musholla yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti ini mendapatkan anugerah tersendiri.

Adapun fasilitas Benah musholla yang dilakukan di antaranya melakukan pengecatan musholla, memberikan sajadah untuk imam dan makmum, mukena, Al-Quran, speaker aktif, jam dinding, keset alas kaki dan perlengkapan lainnya.

Sekretaris Camat Tasik Putri Puyu M Nazir yang ikut mendampingi penyerahan bantuan Benah Musholla di Musholla Al-Ikhlas Desa Kudap memberikan apresiasi dan ucapan syukur terimakasih kepada donatur IZI atas bantuan Benah Musholla yang diberikan di wilayah pemerintahannya.

M Nazir juga berharap akan ada kolaborasi bersama antara lembaga IZI dengan pemerintah kecamatan untuk bersama menangani kondisi wilayah 3T miskin ekstrim di daerahnya. Karena masih banyak nasjid, musholla sejenis yang butuh perhatian bersama.

"Terima kasih banyak kami ucapkan mewakili Pemerintah Kecamatan Tasik Putri Puyu, khususnya jamaah Musholla Al Ikhlas Desa Kudap yang sudah dibantu fasilitas penunjang kenyamanan beribadah. Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan kali ini tentu akan banyak jamaah yang menggunakan rumah ibadah ini bersama. Semoga Allah SWT memberikan balasan terbaiknya untuk para donatur. Dan saya berharap akan ada bantuan sejenis dari Laznas IZI untuk masjid dan musholla daerah kami. Karena masih banyak di tempat kami butuh perhatian bantuan kita bersama," tutur M Nazir saat menerima bantuan yang diberikan perwakilan IZI bersma pengurus dan jamaah di Musholla Al Ikhlas.

Sementara itu, Kepala Desa Meranti Bunting Kecamatan Merbau, Isnani saat mendampingi pengurus musholla menerima bantuan Benah musholla dari IZI sangat bahagia dan berterima kasih.

Isnaini juga berharap akan ada bantuan fasilitas air bersih dan MCK untuk musholla Al Ikhlas. Karena di musholla tersebut belum tersedia MCK. Sehingga jamaah yang mau berwudhuk menumpang di dekat rumah warga sekitar.

"Kemampuan masyarakat kami untuk swadaya membangun fasilitas musholla sangat minimal. Begitu juga berharap bantuan dari pemerintah sangat terbatas dikarenakan wilayah daerah kami miskin ekstrim, untung masih ada para donatur orang baik yang membantu memberikan kenyamanan untuk rumah ibadah. Sehingga ada yang memberikan seng saat musholla bocor. Dan kondisinya juga belum tergantikan semuanya. Kami berterima kasih atas bantuan dari Laznas IZI dan donatur. Harapan saya mewakili pemerintah Desa dan jamaah musholla akan ada bantuan lainnya juga ke kampung kami," ujar Isnani.

Di Musholla Nurul Huda Desa Sungai Tengah, relawan IZI disambut oleh pengurus musholla dan kepala Dusun setempat. Penyerahan perlengkapan ibadah dan alat penunjang fasilitas kenyamanan beribadah langsung diterima oleh Ustadz Hasanudin.,

Perjalanan relawan IZI Riau dari Pekanbaru menuju Kecamatan Merbau dan Tasik Putri Puyu ditempuh dengan jalur darat dan laut yang membutuhkan waktu seharian, juga tenaga dan fisik yang ekstra. Selain itu daerah yang terpisahkan dengan pulau-pulau membuat ongkos biaya transportasi dan bongkar muat di daerah tersebut luar biasa mahal. Wajar kalau daerah 3T Kabupaten Kepulauan Meranti masuk kategori miskin ekstrim dan butuh perhatian bersama.(*)