MAN 4 Kota Pekanbaru Gelar Tarhib Ramadan


Dibaca: 1043 kali 
Selasa, 21 Maret 2023 - 06:16:51 WIB
MAN 4 Kota Pekanbaru Gelar Tarhib Ramadan MAN 4 Kota Pekanbaru Gelar Tarhib Ramadan yang berlangsung di halaman MAN 4 Pekanbaru, Senin (20/3/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com -  Dalam rangka efektivitas kegiatan pembelajaran di madrasah pada bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, yang diarahkan untuk peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman, dan keterampilan ibadah, MAN 4 Kota Pekanbaru menggelar kegiatan Tarhib Ramadhan dan Pembukaan Program Ngaji Kitab Aqidatul Awwam sepanjang bulan Ramadhan kali ini.

Kitab karya Syekh Al-'alim Al - 'Allamah Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Makki tersebut, yang berisi tentang dasar-dasar akidah ahlussunnah waljamaa’ah (Aswaja).

Kegiatan yang diiikuti 400 pelajar dan para guru Madrasah yang berlangsung di Musala Al Fatih Negarawan Jalan Yos Sudarso KM 15, Rumbai-Pekanbaru pada, Senin (20/3/2023) pagi

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, yang diwakili Drs H Amnan, dan diisi maudhotul hasanah-nya oleh anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau, yang juga Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji SSos.

Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru Agus Salim Tanjung MA didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum Cholid SAg SPd MA, menjelaskan, bahwa kegiatan ngaji kitab ini secara intensif akan diikuti oleh 30 pelajar MAN 4 Kota Pekanbaru yang berasrama di Ma’had Salimah Negarawan Madrasah tersebut.

"Kita menghadirkan narasumber Kyai Abdullah Nur Kholid SPdI (Pengasuh Pon. Pes. Dirasatul Qur'an al-Karim). Lalu dengan metode bandongan di waktu setelah dhuha dan sebelum dzuhur, akan diikuti oleh para pelajar secara keseluruhan," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat ketauhidan warga madrasah, baik pelajar maupun guru dan staf administrasi-nya tentang aqidah aswaja.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, yang diwakili Drs H Amnan yang membuka kegiatan ini mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang sejalan dan sebangun dengan program pemantapan nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin (P5RA) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Senada dengannya,  Purwaji SSos dalam mauidhotul hasanah-nya yang bertopik “Peran Strategis Ulama Nusantara Menjaga Aqidah Aswaja”, juga mengharapkan para madrasah yang ada di Riau khususnya (Terutama Madrasah-Madrasah Negeri), melakukan seperti yang dilakukan Oleh MAN 4 Kota Pekanbaru.

“Untuk menyempurnakan momentum Ramadhan, dengan peningkatan amaliyah yaumiyah dan perbaikan dalam bermuamalah dengan sesama, hendaknya juga menjadi momentum penguatan ketauhidan. Yang diprogramkan MAN 4 Kota Pekanbaru ini, dapat menjadi role model program Ramadhan oleh sekolah dan madrasah lainnya,"  ujar Mas Pur, sapaan akrab mantan anggota DPRD Kampar ini.

Seusainya, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan apresiasi rutin atas raihan prestasi para pelajar pada pekan kedua bulan Maret 2023, pada berbagai ajang perlombaan dari MAN 4 Kota Pekanbaru dan pengurus Komite, dan salam-salaman Fa'fu wasfahu sambut ramadhan 1444 H antara guru dan seluruh pelajarnya yang dipandu Ega Anggraini SPdI Wakil Kepala Bidang Humas.(*)