Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau Resmi Diluncurkan


Dibaca: 1114 kali 
Ahad, 19 Maret 2023 - 11:29:28 WIB
Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau Resmi Diluncurkan Luncurkan produk UMKM dan sikaturahmi sambut Ramadan.

PEKANBARU, Hariantimes.com - Dewan Pengurus Pasukan Dewan Adat (Padan)  Provinsi Riau bersama Dewan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Sumber Daya Manusia (DPP LSM Peduli SDM) Riau, meluncurkan Gerai Young Riau Mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kantor Pusat Jalan Sultan Syarif Kasim No.66 Lt.II Kota Pekanbaru, Sabtu (18/3/2023).


Agenda itu bersama dengan silaturahmi antar pengurus dan keanggotaan dalam memasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Juga dilanjut makan bersama, do'a keberkahan di bulan Sya'ban.

Datuk Panglima Padan Provinsi Riau, Datuk Khairuddin Al-Young Riau mengatakan, Gerai Young Riau merupakan mitra UMKM Padan Riau, guna menjembatani penjualan produk UMKM, termasuk binaan DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau.

Sebagai langkah awal, bulan September 2022 tahun lalu, Gerai Young Riau sudah meluncurkan Tanjak Young Riau yang langsung diresmikan Kadis Pariwisata Riau, Roni Rakhmat. Kali ini memasuki Ramadhan, Gerai Young Riau sudah bermitra dengan UMKM Padan Riau yang menyajikan produk beberapa kelompok dampingan. Seperti ada kelompok pedagang asongan, pedagang emak-emak, kerajinan tangan dan kelompok lainnya.

"Dulu 2020 lalu, saya atas nama Ketum DPP. LSM Peduli SDM Provinsi Riau sudah pernah meluncurkan Tim Mitra Market Produk Usaha DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau, dan sekarang menjadi Gerai Young Riau. Juga pada September 2022 lalu Gerai Young Riau dengan melahirkan Produk Tanjak Young Riau dan Selempang Putri Young Riau sukses diluncurkan langsung Kadis Pariwisata Provinsi Riau 
Roni Rakhmat," ujarnya.

Pada, Sabtu (18/3/2023) dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H ini, Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau resmi sudah diluncurkan, sebagai bentuk mitra kerjasama terobosan baru.

"Ini bukan saja sarana marketing, tetapi juga memiliki nilai pemberdayaan terutama membangkitkan daya jual beli serta membantu produk usaha UMKM masyarakat kecil kita," ujarnya didampingi Datuk Lam Syahril Tim Mitra UMKM Padan Riau.

Dalam pelaksanaan Peluncuran/Launching Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau ini resmi dibuka langsung oleh Datuk Panglima Padan Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau yang ditandai dengan pemasangan Tanjak Young Riau dan mencicipi makan bersama penjualan produk usaha Gerai Young Riau, berupa makanan prasmanan asam pedas ikan patin, dan makanan cemilan seperti keripik Pisang, kuping gajah.

Juga produk kue loyang, kue sepit, kerupuk pedas, makaroni, kue bawang, serta pemasangan lebel daun kelor untuk kesehatan Gerai Young Riau, sebagai Pusat Oleh-Oleh Khas Riau. Tak pelak juga, acara peluncuran semakin meriah dihadiri dan didukung juga oleh Komisaris PT Abi Duta Indonesia H Erizal  didampingi Taslim dan Elly Artis Melayu Riau.

Menurut dia, banyak kelompok usaha mandiri namun memiliki keterbatasan  akses dan kemampuan. Karena itu, mereka membutuhkan pendampingan untuk keluar dari keterbatasan itu.

"Kita bangkitkan kembali kebersamaan dan bekerja sama melalui jaringan yang ada agar semakin produktif, dan tentu juga dalam hal ini negara akan semakin diuntungkan. Khususnya kota Pekanbaru, bapak Pj Wali Kota Pekanbaru saja baru-baru ini bingung dan meminta kepada dinas pariwisata agar mencari ciri Khas Kota Pekanbaru, apa oleh-olehnya kalau masuk ke Pekanbaru para wisatawan," ujarnya.

Maka kata Young, pihaknya membantu dengan adanya Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau ini, maka setidaknya dapat membantu visi misi pemerintah dalam hal aset dan wisata kuliner khas Pekanbaru berupa Tanjak Young Riau, dan cemilan makanan khas Riau seperti yang kita luncurkan ini sebagai pusat jajanan dan oleh-oleh khas Pekanbaru Riau khususnya.

Usai makan bersama, diiringi doa keberkahan memasuki bulan suci Ramadhan1444 H yang langsung didoakan oleh Bapak H. Erizal yang juga komisaris PT Abi Duta Indonesia, maka Datuk Panglima Padan Riau didaulat untuk langsung Meluncurkan Usaha Gerai Young Riau Mitra UMKM Padan Riau.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiim, Saya Datuk Panglima PADAN (Pasukan Dewan Adat) Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau bersama Ketum DPP. LSM Peduli SDM Provinsi Riau, Sabtu 18 Maret 2023 di Pekanbaru, Riau, dengan ini usaha Gerai Young Riau Mitra UMKM PADAN Riau resmi saya luncurkan, semoga produk usaha anak negeri lancang kuning kita ini berkenan di hati masyarakat," ujarnya.(*)