Sempena HPN Tingkat Riau di Inhil, LKTJ Ali Kelana Fokus Eksplorasi Kelapa


Dibaca: 367 kali 
Jumat, 17 Maret 2023 - 09:03:06 WIB
Sempena HPN Tingkat Riau di Inhil, LKTJ Ali Kelana Fokus Eksplorasi Kelapa Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Inhil Ardiansyah.

Inhil, Hariantimes.com - Pelaksanaan Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) Ali Kelana sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan difokuskan pada eksplorasi kelapa dari berbagai sudut pandang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Inhil Ardiansyah, sebagai salah satu upaya menggali berbagai potensi yang ada di Negeri Seribu Parit terutama di bidang perkelapaan.

Dikatakannya, setiap peserta yang mengikuti LKTJ Ali Kelana harus mampu menyuguhkan tulisan-tulisan yang informatif dalam setiap karyanya, sehingga bisa menjadi masukan dan rujukan bagi pembaca, khususnya para pemangku kebijakan terkait perkembangan dan kondisi perkelapaan di Kabupaten Inhil saat ini.

Dengan begitu, masyarakat secara luas akan mengetahui langkah-langkah yang diambil dan bisa dilakukan untuk membangun serta memajukan bidang perkelapaan di masa mendatang.

"Jadi, kita mengajak para peserta LKTJ Ali Kelana untuk mengeksplor kelapa dari berbagai sisi, mulai dari petani kelapa, sejarah kelapa hingga industrialisasi kelapa yang menjadi indentitas dan denyut nadi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir," ujar Ardiansyah kepada awak media di Tembilahan, Kamis (16/03/2023) malam.

Guna mendukung dan memudahkan para peserta LKTJ dalam mengumpulkan data dan informasi untuk kelengkapan karya tulisnya, lanjut Ardiansyah, pihak panitia telah menyiapkan rangkaian kunjungan lapangan ke beberapa tempat yang menjadi sentra pengolahan kelapa di Kabupaten Inhil pada Sabtu 18 Maret 2023 besok.

Dimulai dari Kampung Hidayat di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra). Di tempat ini, para peserta LKTJ bisa melihat secara langsung perkebunan kelapa rakyat yang dikelola oleh petani dan masyarakat pemilik lahan.

Selain itu, rombongan yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Riau ini akan dibawa ke Destinasi Wisata Religi Ziarah Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari. Mufti Kerajaan Indragiri yang juga dikenal masyarakat dengan sebutan Tuan Guru Sapat ini merupakan salah seorang tokoh yang merintis dan mengenalkan sistem trio tata air untuk perkebunan kelapa rakyat.

Kemudian, rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang melanjutkan perjalanan menuju Kuala Enok, untuk melihat pengelolaan kelapa di PT Pulau Sambu, yang menjadi salah satu kawasan industri kelapa terpadu terbesar di dunia.

Setelahnya, kunjungan lapangan akan kembali dipusatkan ke Kecamatan Kuindra atau lebih tepatnya di Desa Sungai Bela. Di wilayah pesisir Kabupaten Inhil ini, para peserta LKTJ akan disuguhkan dengan sejumlah pengalaman berekspedisi di Destinasi Wisata Alam Pantai Terumbu Mabloe dan Budaya Menongkah yang menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat Suku Duanu dari dulu sampai sekarang.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, pada malam harinya digelar Gala Dinner Bupati Inhil HM Wardan bersama para peserta LKTJ. Pada momen ini, akan diisi dengan pemaparan materi dari orang nomor satu di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia dan perwakilan Sambu Grup mengenai perkelapaan di Kabupaten Inhil.

"Melalui rangkaian kegiatan tersebut, kita harapkan para peserta LKTJ Ali Kelana memperoleh data dan informasi yang akurat, sesuai dengan kebutuhan untuk karyanya masing-masing, sehingga dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang lebih menarik bagi para pembaca nantinya," harap Ardiansyah yang juga Penanggung Jawab Panitia Lokal HPN Riau ini.(rls)