Tim Asops Kapolri Lakukan Asistensi dan Supervisi Penanggulangan Karhutla di Rohil


Dibaca: 714 kali 
Rabu, 15 Maret 2023 - 18:10:00 WIB
Tim Asops Kapolri Lakukan Asistensi dan Supervisi Penanggulangan Karhutla di Rohil Tim Asops Kapolri yang dipimpin Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi melakukan kunker ke Polres Rokan Hilir, Rabu (15/03/2023).

Rohil, Hariantimes.com - Tim Asops Kapolri yang dipimpin Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Rokan Hilir, Rabu (15/03/2023).

Kunker Tim Asops Kapolri ini dalam rangka pelaksanaan Asistensi dan Supervisi Penanggulangan Karhutla di Wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

Selain Asops Kapolri, turut hadir Dirpamobvit Korps Sabhara Baharkam Polri, Brigjen Pol Suhendri SH SIK, Kabaganev Robinopsnal Baharkam Polri Kombes Pol Edison SH MH, Anjak Madya Korbrimob Polri Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto SIK, Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol R Kasero Manggolo dan Kasubbagbangsiops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri AKBP Muji Windi Harto SIK SH MM.

Dalam kunker tersebut, Tim Asops Kapolri bersama rombongan disambut oleh Bupati Rohil diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Drs H Heri H Paria MSi, Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian P SH SIK MSi, Danramil 05 Rimbah Melintang Kapten Arh Iswandi, Ketua DRPD Rohil Maston Saragih, Danyon B Pelopor Sat Brimob Menggala Junction Kompol Petrus Hottiner Simamora SSos, Kepala BPBD Rohil Hari Darma, Kasat Pol PP Kabupaten Rohil, Haji Safnur Rizal, Wakapolres Rohil Kompol Frangky Tambunan ST, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kassubag, Kasie dan Perwira Polres Rohil.

Dalam sambutannya, Asisten I Drs H Heri H Paria MSi menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Rohil yang tidak dapat hadir dalam kegiatan Asistensi dan Supervisi Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Wilkum Polres Rokan Hilir dikarena adanya kunker Gubernur Riau dalam rangka Panen Raya di Bagansiapiapi.

Dikatakannya, pemerintah daerah telah melakukan upaya-upaya dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Rohil. Kemudian, pemerintah daerah telah melaksanakan apel pelaksanaan Penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di setiap wilayah kecamatan .

Sementara Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi menyampaikan, pihaknya sudah melakukan mapping terhadap rawan karhutlah di setiap wilayah Kabupaten Rohil.

"Data Sarpas, pendataan Embung dan Kanal Bloking sudah dipersiapkan sebelumnya. Dan kami sudah mendatakan jumlah perusahaan PKS yang ada di Kabupaten Rohil. Apabila ada titik api, kami menghungi manager perusahaan untuk melakukan pemadaman. Adapun kami sebelumnya sudah melaksanakan apel penanggulangan bencana karhutla di setiap Polsek jajaran Polres Rohil," sebut Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi mengucapkan terimakasih terhadap tamu undangan yang hadir dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla di Wilkum Polres Rohil.

"Kita sudah bisa lihat, bahwa alat pemadaman yang sudah ditampilkan ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam melakukan penanganan bencana karhutla. Kita belajar dari tahun ke tahun tentang kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau ini. Kita rancang ini melalui Dasboard Aplikasi Lancang Kuning untuk melihat titik api daerah mana yang terdapat titik api kita bisa melihat melalui Aplikasi tersebut. Bahwa Bapak Presiden telah memimpin rapat terkait penanganan Karhutlah, sehingga kita melakukan upaya penanganan Karhutla. Saya harapkan kembali Bupati, Polres dan DPRD Kabupaten Rohil untuk merumuskan ini bagaimana penanganan Karhutla diwilayah, Kita sudah membuat perencanaan Ops Aman Nusa II dalam rangka Penanganan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan. Kita harus Pahami dan mensyuport dukungan logistik dalam penanganan karhutla. Mari kita sama-sama dalam mendukungan penanggulangan penanganan bencana Karhutlah," paparnya.

Setelah memberikan pengarahan, Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi langsung melakukan pengecekan logistik/peralatan dan ranmor karhutla milik Polres Rohil, Sat Brimob Yon B, BNPB  Rohil, BPBD Rohil, RPK PT Ruas Utama Jaya, PT Gunung Mas Raya, PT Diamon Timber Jaya, PT Arara Abadi Bukit Kapur, PT Tunggal Mitra dan MPA Se Kabupaten Rohil.(*)