Bawaslu dan BPKAD Riau Lolos Verifikasi Administrasi Anugerah Tinarbuka 2023


Dibaca: 623 kali 
Selasa, 14 Maret 2023 - 17:15:00 WIB
Bawaslu dan BPKAD Riau Lolos Verifikasi Administrasi Anugerah Tinarbuka 2023 Komisioner KI Provinsi Riau Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Asril Darma.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau dan Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Riau lolos verifikasi berkas atau administrasi calon peraih Tinarbuka 2023.

Selanjutnya, dua badan publik ini berhak mengikuti tahapan presentasi bersama nominator dari seluruh Indonesia pada 27 dan 28 September 2023 mendatanh di Jakarta.

"Kita sudah menerima surat resmi dari Komisi Informasi (KI) Pusat kepada Ketua KI Provinsi se Indonesia Nomor 224/KIP/III/2023 tertanggal 9 Maret 2023 perihal Hasil Verifikasi Administrasi Anugerah TinarBuka 2023," ungkap Komisioner KI Provinsi Riau Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Asril Darma kepada media di Pekanbaru, Selasa (14/03/2023).

Menurut Asril Darma, Tinarbuka 2023 merupakan anugerah KI Pusat sempena peringatan puncak Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang diperingati setiap 30 April bertepatan dengan disahkannya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. HAKIN tahun ini puncaknya digelar di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang prosesinya dilaksanakan sekitar Mei 2023.

Disebutkan Asril Darma, ada 3 kategori pada Anugerah Tinarbuka Tahun 2023. Dan Komisi Informasi Provinsi Riau mengirimkan rekomendasi untuk semua kategori sesuai hasil Monitoring dan Evaluasi Tahun 2022.  Yakni Bupati Bengkalis, Kasmarni (kategori kepala daerah), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Atap (DPMPST) Riau dan Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Riau untuk kategori dinas atau badan tingkat provinsi serta KPU Riau dan Bawaslu Riau untuk kategori penyelenggara Pemilu.

"Yang lolos ketahapan presentasi dari Provinsi Riau hanya dua yakni kategori Dinas atau Badan tingkat provinsi, BPKAD Provinsi Riau dan kategori Penyelenggara Pemilu Bawaslu Sumbar. Untuk kategori kepala daerah, kita belum beruntung," jelas Asril.(rls)