MAN 4 Pekanbaru Gelar Tes PPDB Jalur TOP


Dibaca: 769 kali 
Ahad, 12 Maret 2023 - 13:15:34 WIB
MAN 4 Pekanbaru Gelar Tes PPDB Jalur TOP Para peserta PPDB MAN 4 Pekanbaru mengikuti tes tertulis di MAN 4 Pekanbaru, Ahad (12/3/2023).

PEKAMBARU, Hariantimes.com – Setelah tahapan verifikasi administrasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) MAN 4 Kota Pekanbaru dan hasilnya diumumkan  pada Sabtu (11/3/2023) melalui akun pendaftaran masing-masing pendaftar.

Dari 231 pendaftar keseluruhan pada jalur Tahfidz, Organisasi dan Prestasi (TOP),160 pendaftar dinyatakan lulus administrasi dan mengikuti tahapan Tes Potensi Akademik (TPA) serta Tes Ibadah dan Baca Al-Qur’an (TIBA) secara langsung di MAN 4 Kota Pekanbaru pada, Ahad (12/3/2023).

“Ketidaklulusan para pendaftar setelah melewati verifikasi administrasi tersebut, secara umum disebabkan oleh tidak didapatinya atau kurangnya data dukung yang dipersyaratkan dalam jalur TOP ini," ujar  Waka Kesiswaan MAN 4 Kota Pekanbaru Zendri Hendri, MPd, Ahad (12/3/2023).

Ia yang juta Ketuai Panitia PPDB menyebutkan, sesuai penamaannya, untuk TOP Tahfidz diperuntukkan bagi siswa/i yang memiliki hafalan minimal 1 juz, untuk jalur TOP Organisasi diperuntukkan kepada siswa/i yang aktif dalam kepengurusan organisasi OSIS, Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan organisasi minimal tingkat sekolah lainnya.

"Sedangkan untuk TOP Prestasi ditujukan untuk siswa/i berprestasi (terbaik) dalam bidang olahraga dan seni, dan juga untuk siswa/i yang memiliki nilai rerata 85 disetiap semesternya, atau pernah menjuarai lomba akademik semisal Kompetisi Sains Nasional dan sejenisnya," ujarnya.

Pelaksanaan tes yang diawali dengan apel kedisiplinan dan pembukaan tes oleh Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru Agus Salim Tanjung MA yang disampaikan Wakil Kepala Bidang Kurikulum Cholid SAg SPd MA, dilaksanakan dalam dua sesi waktuwaktu, yakni jam 08.00 WIB dan jam 13.30 WIB, selama 180 Menit waktu tes.

Ditambahkan Zendri lagi, untuk materi TPA yang diujikan terdiri dari materi kepribadian, penguasaan matematika, penguasaan bahasa asing (Inggris dan Arab) dan penguasaan keagamaan. Sedangkan untuk materi TIBA terdiri dari bacaan dan pelaksanaan ibadah sholat, serta kemampuan membaca Al-Qur’an.

Setelahnya juga ada wawancara dari para penguji, yakni Cholid SPd Sag MA, Oloan Harahap S.PdI MA, Ega Anggraini SPd.I dan Siti Maria SSos, untuk konfirmasi data dukung jalur TOP masing-masing peserta tes.

“Terakhir, hasil Tes TPA dan TIBA selambatnya akan diumumkan melalui akun pendaftaran masing-masing peserta pada 13 Maret 2023 Pukul 00.00 WIB. Selanjutkan kegiatan adalah Pertemuan orang tua wali dengan Pengurus Komite pada 14 Februari dan dilanjutkan dengan pendaftaran ulang atau pemberkasan pada 15 Februari 2023,” ujar Zendri.(*)