Pemkab Kampar dan KI Riau Matangkan Konsep Acara Persiapan HAKIN 2023


Dibaca: 820 kali 
Senin, 06 Maret 2023 - 17:13:03 WIB
Pemkab Kampar dan KI Riau Matangkan Konsep Acara Persiapan HAKIN 2023 Rapat persiapan yang diselenggarakan diaula Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (06/03/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersama Komisi Informasi Provinsi Riau dan Diskominfo Riau terus memantapkan teknis acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023 pada Mei 2023 mendatang.

Hal ini terlihat pada rapat persiapan yang diselenggarakan  diaula Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (06/03/2023).

Rapat sendiri dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi. Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suhermi, Kadis Kominfo Kabupaten Kampar Yuricho Efril dan pejabat lainnya.

Sedangkan dari KI, hadir Ketua KI Riau Zufra Irwan, Wakil Ketua KI Riau Junaidi dan dua komisioner yakni Asril Darma dan Yulianti. Tampak juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Riau, Erisman Yahya beserta sekretaris.

"Agenda rapat kali ini kita membicarakan hal teknis seperti transportasi, akomodasi, konsumsi dan para tamu," ucap Zufra Irwan memulai acara.

Menurut Zufra, hal tersebut penting untuk dibahas mengingat seperti apa teknis dan penanggungjawabnya. Agar menjelang hari puncak tidak ada lagi yang tertinggal.

Hal tersebut diamini oleh Sekda Kampar Yusri. Dia mengatakan sebagai tuan rumah yang ditunjuk KI Pusat, Pemkab Kampar tidak ingin acara berlevel nasional ini ada cacatnya.

"Yang jelas, Kampar siap menjadi tuan rumah Hakin 2023. Sebagai tuan rumah kami terus berbenah mempersiapkan agenda nasional  ini biar sukses. Kampar ingin menjadi tuan rumah yang baik. Sebelumnya Kampar sudah pernah menyelenggarakan kegiatan berlevel provinsi dan nasional. Jadi Kampar punya pengalaman untuk itu. Intinya, kami ingin orang mengingat Kampar dengan baik," ujar Yusri.

Menurut Yusri ada beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan yakni Deklarasi keterbukaan informasi menyambut pemilu 2024, Anugrah Duta keterbukaan informasi, Senam massal dan Pameran Bazar UMKM. "Namun ini bisa saja bertambah nantinya tergantung kesepakatan," kata Yusri.

Karena banyaknya agenda acara, kata Yusri, maka diperlukan nanti penanggungjawabnya. Misal,  akomodasi bagaimana dan siapa penanggungjawabnya, transportasi untuk tamu bagaimana lalu konsumsi juga. "Soal ini akan terus dibicarakan pada rapat-rapat berikutnya," ujarnya.

Yusri juga menyebut tema yang diusung untuk Hakin 2023 adalah Mengukuhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka Inklusif dan Informatif.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Riau, Erisman Yahya sangat mengapresiasi Pemkab Kampar sebagai tuan rumah.

Dia meyakini Kampar dapat menyelenggarakan acara ini dengan baik. Sebab, Kampar sudah pernah punya pengalaman sebagai tuan rumah iven berskala provinsi maupun nasional.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Pemkab Kampar yang mau sebagai tuan rumah Hakin 2023. Dan saya percaya bahwa Pemkab Kampar akan sukses melaksanakan agenda nasional ini," ucapnya.

Setelah rapat ini, maka akan dilanjutkan terus dengan rapat-rapat teknis antar pihak terkait termasuk dengan KI Pusat pada tanggal 13 Maret.(*)